PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Harga jual tomat terhitung sejak dua pekan terakhir turun. Kondisi ini terjadi lantaran buah tomat hasil pertanian di Kabupaten Rejang Lebong belakangan kualitasnya turun akibat terserang penyakit ‘busuk daun’. Buah tomat yang dihasilkan ukurannya menjadi lebih kecil dari ukuran Tomat pada umumnya.

“Kalau sekarang harga jual Tomat ke gudang cuma rp 3.500 per kilogramnya. Biasanya rp 5000 per kilogramnya,” ujar Warius (42), Petani Tomat, Warga Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur, Rabu (10/10).

Dijelaskan Warius, pada umumnya tomat di panen seteah usia tanaman 2,5 bulan dengan ukuran buah tomat yang dihasilkan berkisar kepalan tangan remaja. “Akibat penyakit ‘busuk daun’ ditambah panas matahari yang terik, buah tomat yang dihasilkan ukurannya mengecil. Sehingga, mengurangi minat pembeli untuk mengkonsumsinya,” ujar Warius.

Dilanjutkan Warius, turunnya harga jual tomat membuat dirinya beserta sejumlah petani lainnya merugi. “Kurangnya minat Warga mengkonsumsi tomat menyebabkan kurangnya minat diatributor untuk membeli tomat hasil tani kami. Otomatis, buah tomat yang sudah dipanen menjadi busuk lantaran tidak laku dijual berhari hari,” ujar Warius. [Ifan Salianto]