Foto bersama usai upacara bendera di Lapangan Pondok Pesantren Pancasila, Senin (22/10/2018).

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2018 di Bengkulu, diisi dengan kegiatan upacara bendera yang diikuti ratusan santri dari MAN, MTS, MI dan seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Bengkulu.

Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Pondok Pesantren Pancasila, Senin (22/10/2018).

Upacara peringatan HSN yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB tersebut berlangsung dengan khitmat dan dihadiri oleh Kepala Kemenag Kota Bengkulu, Drs. H. Tasry, MA, Pimpinan Ponpes dan ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Yasaroh, M.HI, mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar MS, M.Pd yang sedang berada di Jawa Barat guna mengikuti kegiatan yang sama.

Dalam amanatnya, Drs. H. Yasaroh, M.HI menyampaikan, peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh tanggal 22 Oktober merupakan bentuk penghargaan dan jasa dari pemerintah untuk para kiyai dan sejumlah elemen juga para santri yang berjuang dari sebelum kemerdekaan hingga kemerdekaan serta mengisi pembangunan dalam mengawal NKRI.

“Keberadaan Santri sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka dan menjadi bagian dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Senin (22/10/2018).

Mengusung tema ‘Bersama Santri Damailah Negeri, pada kesempatan ini Yasaroh berharap peran pondok pesantren tidak saja bergerak di bidang pendidikan tetapi juga turut andil dan berperan serta dalam menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.

“Hari Santri Nasional yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan peran Pondok Pesantren yang tidak saja bergerak dalam bidang Pendidikan semata, tetapi juga berperan dalam menjaga keutuhan Bangsa dan Negara Republik Indonesia,” ungkapnya.

Pantauan Jurnalis pedomanbengkulu.com, usai upacara, acara dilanjutkan dengan orasi santri dan pelepasan peserta Pramuka dari Bengkulu untuk mengikuti perkemahan Santri di Provinsi Jambi. [Nurhas Bunaida]

Inspektur Upacara Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Yasaroh, M.HI, mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar MS, M.Pd saat membacakan amanat.
Para pelaksana upacara.
Pelepasan peserta Pramuka dari Bengkulu untuk mengikuti perkemahan Santri di Provinsi Jambi.
Upacara ini berjalan khidmat.