Para pimpinan Muhammadiyah dalam pengajian sekaligus konsolidasi persiapan Tanwir Muhammadiyah ke-51 yang menjadikan Bengkulu sebagai tuan rumah di lantai 6 Kampus IV UMB, Rabu (21/11/2018) malam.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Warga Muhammadiyah Bengkulu menggelar pengajian sekaligus konsolidasi persiapan Tanwir Muhammadiyah ke-51 yang menjadikan Bengkulu sebagai tuan rumah di lantai 6 Kampus IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Rabu (21/11/2018) malam.

Ketua Panitia Tanwir Muhammadiyah ke-51, Dr Ahmad Dasan mengatakan, Bengkulu siap untuk menggelar musyawarah tertinggi setelah muktamar dalam organisasi Persyarikatan Muhammadiyah itu pada tanggal 15-17 Februari 2019 di Bengkulu.

Mantan Rektor UMB berprestasi ini menjelaskan, semua persiapan yang diperlukan telah mendekati final. Hotel-hotel yang akan digunakan seperti Hotel Madelin, Hotel Horizon, Hotel Santika dan Hotel Amaris telah dikondisikan oleh panitia untuk para peserta yang akan bermusyawarah.

“Pelaksanaan akan dipusatkan di Kampus IV UMB ini. Pembukaan akan dilakukan di rumah dinas Gubernur Bengkulu dan para peserta juga akan dijamu ramah tamah di rumah dinas Walikota Bengkulu,” terang Dr Ahmad Dasan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr Haedar Nashir yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, Tanwir Muhammadiyah penting bagi seluruh warga Muhammadiyah di Indonesia dan Bengkulu sebagai tuan rumah.

“Bengkulu punya sejarah penting buat Muhammadiyah. Bung Karno pernah disini dan mengajar di sekolah Muhammadiyah. Fatmawati adalah tokoh nasional. Tanwir sebagai persidangan elit kita membawa misi pencerahan sebagaimana nama Tanwir itu sendiri,” kata Dr Haedar Nashir.

Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bengkulu, Dr Syaifullah menjelaskan, Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto tetap dijadwalkan akan hadir di acara Tanwir Muhammadiyah ke 51 yang akan digelar di Bengkulu pada 15-17 Februari 2019 mendatang.

“Selain itu akan dihadirkan juga Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat. Termasuk para tokoh nasional lainnya dan mantan perdana menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan kita minta untuk memberikan tausiah,” ungkapnya.

Para peserta yang hadir.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr Rohidin Mersyah mengucapkan rasa syukurnya dan kebanggaan atas dijadikannya Bengkulu sebagai tuan rumah.

Mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan ini menegaskan komitmen Bengkulu akan tuan rumah yang baik bagi seluruh peserta sidang yang akan hadir se-Indonesia.

Data terhimpun, peserta yang akan hadir diantaranya 17 anggota Pengurus Pusat Muhammadiyah, 14 wakil dari organisasi otonom Muhammadiyah tingkat pusat, 170 utusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se Indonesia, dan peninjau dari para Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan swasta. [Deni Dwi Cahya]