Guna meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan kepastian penjaminan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya bagi peserta yang juga merupakan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk saling menjalin koordinasi dan kerja sama secara terpadu sesuai dengan kewenangannya masing-masing, dalam hal penanganan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kecelakaan kerja.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara dan Y. Aris Daryanto selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara, mengungkapkan, Perjanjian Kerjasama ini adalah sebagai pedoman dalam mengatur penanganan kepada Peserta sehingga manfaat yang diberikan sesuai kewajiban dan tanggung jawab masing-masing pihak sebagai penyelenggara Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan penyelenggara Program Jaminan Kesehatan.

“Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini bertujuan sebagai upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dan mensinergikan fungsi baik yang ada di BPJS Kesehatan Cabang Curup maupun yang ada di BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu dengan didasarkan atas asas saling membantu, saling mendukung dan saling bersinergi agar penyelenggaraan Program Jaminan Sosial dapat berjalan dengan efektif dan efisien demi terwujudnya kualitas penyelenggaraan Program Jaminan Sosial. Juga terwujudnya Universal Health Coverage di Tahun 2019,” ujar Syafrudin.

Lebih lanjut dijelaskan Syafrudin, Ruang Lingkup Perjanjian Kerjasama ini meliputi Pelaksanaan sinergi pelayanan Jaminan KK dan PAK bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, Pengajuan penggantian klaim program KK atau PAK, peningkatan perluasan fasilitas kesehatan, pelaksanaan sosialisasi dan evaluasi bersama terkait jaminan KK/PAK dan kerja sama lain yang disepakati oleh BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami berharap sinergi ini terus diperkuat, harapannya peserta BPJS Ketenagakerjaan yang juga merupakan peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan benefit pelayanan yang sesuai dengan haknya,” Imbaunya.

Dilain sisi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kita menyambut baik perjanjian kerjasama ini. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk membantu mereka mendapatkan haknya, Baik untuk Jaminan Kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan maupun Jaminan Sosial lain, yakni Jaminan Kecelakaan, Jamian Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun oleh BPJS Ketenagakerjaan. Kiranya setiap jerih payah yang kita lakukan bisa dirasakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh penduduk Indonesia,” ucap Y. Aris Daryanto sambil tersenyum.

Data terhimpun, dalam acara penandatangan Perjanjian Kerja Sama kali, BPJS Kesehatan Cabang Curup dan BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu juga membahas prihal permasalahan-permasalahan yang terdapat di lapangan

Diantaranya Pemilik Badan Usaha yang tidak mau mendaftarkan dirinya dan pekerjanya, tidak melaporkan jumlah pekerja dengan keadaan yang sebenarnya, terkait kepatuhan membayar iuran, dan permasalahan lainnya yang dikira harus segera dituntaskan oleh para pihak yang berwenang dan terkait dengan terselenggaranya Program JKN-KIS.[Rls/Nurhas Bunaida]