BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup dan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bengkulu berkolaborasi menyelenggarakan Rekonsiliasi terkait Iuran Wajib yang diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk semua iuran peserta dari sektor PNS Daerah, Pemerintah Daerah, PNS Pusat, TNI/Polri dan PPNPN yang ada di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu. 

Kegiatan Rekonsiliasi Iuran Wajib Triwulan II Tahun 2018 se-Provinsi Bengkulu kali ini dibuka langsung oleh Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu, Erna Wijaya Kesuma, bertempat di Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong yang diikuti oleh peserta sekitar 70 orang dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu.

“BPJS Kesehatan sangat mengapresiasi kerja sama yang baik yang sudah terjalin selama ini dengan seluruh Pemerintahan Daerah yang ada, secara khusus di Provinsi Bengkulu. Kami berterima kasih berkat dukungan Bapak dan Ibu yang hadir sekalian ini, Program JKN-KIS bisa berjalan dengan baik di Provinsi Bengkulu ini. Kami juga tetap meminta bantuan untuk kerja sama kita di masa yang akan datang. Seperti yang kita ketahui, untuk sektor Pemda, PNS, TNI/Polri dan PPNPN sudah berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Semoga akan tetap berjalan dengan baik seperti selama ini. Tapi kami juga memohon bantuan Bapak dan Ibu untuk terus membantu kami menggaungkan Program JKN-KIS ini dari sektor Pekerja Penerima Upah dan Pekerja Bukan Penerima Upah yang ada di Provinsi Bengkulu. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah demi kepentingan kita bersama. Kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Kami, BPJS Kesehatan hanya diberikan tugas untuk menyelenggarakannya oleh Pemerintah. Tapi sesungguhnya Program JKN-KIS ini adalah program kita bersama demi terwujudnya Universal Health Coverage di Tahun 2019. Kami mohon bantuan untuk semua pihak yang terlibat,” ujar Erna Wijaya Kesuma sambil tersenyum ketika membuka kegiatan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan data yang ada di BPJS Kesehatan Cabang Curup, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), dan Pemerintah Daerah (Pemda) itu sendiri. Sehingga tidak ada selisih yang masuk kedalam kelebihan pembayaran ataupun kekurangan pembayaran.

Untuk diketahui, bersamaan dengan kegiatan rekonsiliasi ini, BPJS Kesehatan juga mengadakan sosialisasi terkait Mobile JKN, yaknis sebuah aplikasi layanan dari BPJS Kesehatan yang akan memudahkan Peserta JKN-KIS untuk menikmati layanan dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Sesuai dengan slogan ‘Semua ada di genggaman anda’. [Rls/Nurhas Bunaida]