PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Keripik dan Stik Rumput Laut Khas Gorontalo Utara merupakan makanan ringan yang menggunakan rumput laut sebagai bahan baku utamanya. Rumput Laut merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan serat tinggi dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satu penghasil stik rumput laut dari Desa Tihengo Kec. Ponelo Kepulauan Provinsi Gorontalo, Rahima Modanggu selaku ketua BKAD(Badan Kerjasama Antar Desa) mengatakan, ada banyak produk makanan yang dihasilkan dari rumput laut di tempatnya.

“Banyak sih, ada yang namanya stik ketan rumput laut, ada juga keripik, krupuk, stik keju, ada juga stik ikan bandeng, biji-biji rumput laut dan bisa yang lain-lain, yang basahan juga bisa seperti kue-kue juga bisa dibikinan juga dengan rumput laut ini,” jelasnya saat di temui di Bengkulu Expo, Selasa (20/11/2018).

Untuk Keunggulan Produknya, Keripik Dan Stik Rumput Laut ini terletak pada kandungan nutrisinya yang cukup lengkap seperti protein, karbohidrat, lemak, serat kasar, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D, E dan K), kalsium, zat besi, magnesium dan natrium.

Di Gorontalo sendiri, terdapat berbagai macam produk olahan rumput laut seperti dodol, manisan, dan jelly rumput laut yang dapat dijadikan sebagai makanan oleh-oleh.

“Keripik Dan Stik Rumput Laut merupakan salah satu inovasi makanan ringan yang terbuat dari rumput laut. Keripik dan stik ini memiliki peluang pasar yang cukup menjanjikan karena makanan ringan ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan harganya pun terjangkau. Kisaran Rp 5.000-15.000,” ujarnya.

Dalam acara Bengkulu Expo yang diadakan oleh Provinsi Bengkulu, Ia berharap, dalam mengikuti Bengkulu expo dapat memperoleh perhatian dan dibekali materi oleh pemerintah Bengkulu.

“Kami berharap memperoleh perhatian dan dibekali materi, yang akan kita bawa ke daerah kita supaya bisa kami terapkan, pahami dan kembangkan melalui pameran di Bengkulu Expo ini ke daerah kami,” tandasnya. [Mey Borjun]