PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Bagi orang Jawa, jantung pisang atau yang biasa disebut ontong pisang bukanlah hal baru sebagai bahan pangan. Bagian dari pohon pisang berbentuk kerucut berwarna merah keunguan ini kerap dijadikan menu pelengkap makan seperti sayur lodeh atau pecel. Toko Srikandi terletak di Jl Raya Bogo Kabupaten Kediri.

Di tangan ibu Diah Retnowati atau yang lebih dikenal sebagai Diah Srikandi, ontong pisang disulap menjadi beragam makanan seperti Paru Jantung Pisang, Brownies Kering Ontong, Krupuk Sermier Ontong.

”Olahan ontong andalan kami adalah dendeng ontong yang disukai para vegetarian,” kata Diah saat di temui di stand Bengkulu Expo, Senin (19/11/2018).

Untuk menghasilkan dendeng lezat menyerupai daging ini, menurut Diah, hanya pisang jenis kepok dan klutuk saja yang bisa diolah, karena serat yang dihasilkan menyerupai serat daging.

“Selain pisang kepok dan klutuk tidak bisa dipakai untuk dendeng. Selain rasanya bisa sepet seratnya juga tidak bisa  menyerupai daging,” ujarnya.

Saat ini ada empat varian rasa dendeng ontong pisang yakni Abon, Rendang, Manis, dan Pedas. Semua olahan itu dikemas dalam dua tempat kaleng dan kardus. “Dendeng kemasan kaleng bisa tahan satu tahun, yang kemasan kardus tujuh bulan asal disimpan rapat,” imbuhnya.

Mengenai harga, makanan khas Jawa Timur ini tidak dipatok tinggi. Seperti dendeng kemasan kaleng dia hanya membandrol Rp17 ribu/kaleng. Sedangkan brownies per kotaknya Rp23 ribu dan kerupuk samiler ontong Rp20 ribu.

“Harganya sangat terjangkau, cocok buat oleh-oleh keluarga saat berkunjung ke Kediri,” katanya.

Berbagai macam olahan jantung pisang yang diproduksi oleh perusahaan kami antara lain Dendeng Ontong (Jantung Pisang), Paru Jantung Pisang, Brownies Kering Ontong, Krupuk Sermier Ontong, empal buah jambu Mente, Kripik Jamur tiram, Kripik Jamur Kuping, Abon Jamur, Empal Jamur, Kripik Pisang Rasa Buah, Aneka kue nastar, Nastar Kacang, Nastar Melinjo Nastar Kelapa, Kuping Gajah,Aneka Rengginang Rasa, Rengginang Ketan Hitam rasa terasi, Rengginag Rasa Terasi, Rengginang rasa Bawang, Rengginang Rasa Manis, Anek Kripik Rasa, Kripik Usus, Kri[ik Tempe, Kripik Ceker Ayam, Kripik Tahu Krispy, Kripik Pare, Kripik Gadung, Kripik Goreng Pasir, Kripik Emping Original, Kripik emping Pedas manis, Kripik Ubi, Kripik Ubi Ungu, Kripik SIngkong, Kacang Bawang, Kacang krispy, Rendang Ayam Kering. [Mey Borjun]