Pedomanbengkulu.com, Bengkulu – Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Dr. Sakroni, M.Pd resmi menjabat sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Rektor UMB periode 2018-2022 setelah dilantik oleh Ketua Majelis Litbang Pengurus Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Lincolin Arsyad MSc PhD, Rabu (21/11) di aula lantai 6 kampus IV UMB.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan diselenggarakan berdasarkan surat keputusan Peraturan Pimpinan (PP) Muhammadiyah no 268/T/12.0/D/2018 tentang pengangkatan Rektor Universitas Muhammadiyah tahun 2018-2022 Pergantian Antar Waktu (PAW).

Dr. H. Ahmad Dasan SH MA yang merupakan Rektor UMB sebelumnya, menyebutkan bahwa penetapan Sakroni menjadi PAW Rektor adalah pilihan yang tepat.

“Penetapan pak Sakroni menjadi Rektor berdasarkan surat keputusan PP muhammadiyah adalah pilihan yang tepat, karena UMB sekarang butuh peningkatan kualitas akademik, dan pak Sakroni ini menguasai bidang tersebut, dan saya yakin dibawah pimpinan beliau ini nanti UMB dapat terus maju,” ujarnya Ahmad Dasan saat dimintai keterangan setelah acara pelantikan.

Kendati demikian, meskipun sudah di tetapkannya Sakroni sebagai Rektor UMB, Ahmad Dasan mengatakan akan terus membantu dan mengawal perkembangan UMB.

“Saya sendiri insyaallah akan selalu membantu beliau baik melalui kapasitas saya sebagai dosen tetap maupun untuk urusan yang ada kaitannya dalam kepentingan-kepentingan UMB ke luar seperti membangun jaringan-jaringan dalam peningkatan kualitas,” tegasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, PAW Rektor UMB dalam sambutannya sesaat setelah prosesi pelantikan mengaku bahwa amanah ini cukup berat baginya.

“Terus terang awalnya saya berat untuk menggantikan mas Dasan, karena beliau ini sungguh sukses dalam memimpin UMB, namun berkat dorongan yang terus beliau lakukan kepada saya akhirnya saya berani untuk mencoba, semua tak terlepas dari dukungan beliau,” ungkap Sakroni.

Sakroni juga mengaku akan mewujudkan beberapa pembedahan internal dan eksternal dilingkungan UMB, serta melanjutkan amanah rektor sebelumnya.

“Beberapa fokus program yang akan dilakukan, di antaranya peningkatan kualitas akademik, manajemen SDM dan manajemen keuangan agar UMB dapat memperoleh akreditasi A,” katanya.

Selain itu, dia juga menyampaikan akan mempererat kerjasama dengan perbankan dan media masa untuk mewujudkan program-program tersebut.

“Saya meminta dukungan dari semua pihak baik itu moril maupun materil untuk dapat membangun universitas ini agar menjadi lebih maju,” ujar Sakroni.

Pantauan Jurnalis pedomanbengkulu.com, setelah penandatangan serah terima jabatan acara dilanjutkan dengan pengajian warga Muhamaddiyah bersama Dr. K.H Haidar Nashar M.Si  selaku ketua umum PP Muhammadiyah yang dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris PP Muhammadiyah Dr. H. Abdul Mu’ti M.Ed.[Nurhas.B]