Forum Kemitraan yang dilaksanakan antara BPJS Kesehatan Cabang Curup dengan para pemangku kepentingan utama di Pemerintahan Daerah Lebong terus dilaksanakan demi perbaikan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan tidak lupa untuk tercapainya Universal Health Coverage di tahun 2019.

Kegiatan Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan ini telah sukses dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Kabupaten Lebong, Selasa (25/9).

Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan kali ini dibuka oleh Sumiati, Asisten III Bupati dan juga selaku Pimpinan Forum berhubung Bupati Lebong sedang berhalangan untuk hadir.

Juga dihadiri oleh Dalmuji Suranti selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Lebong, dr. Ari Afriawan selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Lebong, Sangani mewakili Dinas Sosial Kabupaten Lebong, Yumiriani selaku Sekretaris Bappeda Kabupaten Lebong, Rachman selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, juga beberapa staf ahli Bupati Kabupaten Lebong diantaranya Dian, Vina Novinda, Nenni Angita, Hanif A, dan Dawis Dekker sebagai anggota Forum Kemitraan Kabupaten Lebong.

Adapun fokus dari Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan ini adalah sebagai wadah bersama untuk membahas tentang cakupan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Lebong, Indeks Kepuasan Peserta JKN-KIS di Kabupaten Lebong dan juga pelayanan fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Lebong, baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan juga Failitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Tidak lupa juga pembahasan tentang hal-hal yang dikira perlu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lebong di Tahun 2018.

“Kita kawal terus perjalanan Program JKN-KIS di Kabupaten Lebong. Kita lakukan usaha-usaha biar Kabupaten Lebong bisa UHC di tahun 2019. Kita minta semua sektor yang saling terkait untuk  saling tolong menolong. Kita upayakan OSR dari Badan Usaha, Donasi, Jamkesda, dan usaha yang lainnya biar usaha kita maksimal. Kita juga minta pelayanan di fasilitas kesehatan semakin dibenahi. Jangan lagi ada keluhan-keluhan datang dari masyarakat. Baik di Puskesmas, maupun Rumah Sakit,” ujar Sumiati.

Dalam kesempatan yang sama, Syafrudin Imam Negara selaku Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup juga mengapresiasi para pihak yang mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS ini.

“Terima kasih saya ucapkan untuk semua pihak terkait yang membantu BPJS Kesehatan dalam melaksanakan tugas dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS. Program ini merupakan program kita bersama. Mari kita bersama-sama dalam mewujudkan Universal Health Coverage untuk Indonesia yang lebih baik. Dan saya juga mengapresiasi kinerja faskes kita yang ada di Kabupaten Lebong. Sudah memasuki zona hijau. Zona aman. Mengingat sebelum ini selalu berada di zona merah. Terima kasih banyak untuk kinerja baik yang boleh kita lakukan secara bersama,” ujar Syafrudin Imam Negara.[Rls/Nurhas Bunaida]