PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Jelly rumput laut merupakan salah satu pemanfaatan rumput laut didalam bidang industri makanan. Jelly Rumput Laut, untuk pertama dan baru di Bengkulu. Yang terletak di Desa Tanjung terdana Kec. Pondok kubang Bengkulu Tengah.

Diperlukan pengembangan teknologi pangan yang memanfaatkan rumput laut untuk menghasilkan produk olahan yang berkualitas, diantaranya dengan mengkombinasikan rumput laut pada makanan yang digemari masyarakat.

Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2015, unik dan baru.

“Seperti agar-agar yang kami buat, ke depan akan buat produksi minuman gelas siap saji,” ungkap owner Jelly Rumput Laut S Agustinus

Rumput laut yang digunakan adalah Cottoni, baik itu yang merah atau hijau. Untuk proses, rumput tersebut di jemur sampai kering ringan kadar air, kemudian di proses dengan penggilingan. Setelah menjadi tepung rumput laut, di masak dan dicetak dalam wadah. Kemudian potong-potong dengan menggunakan alat.

“Setelah selesai produksi, kami kirim ke pasar-pasar tradisional di seluruh kota bengkulu. Ada pula konsumen yang jauh, seperti Bengkulu utara, Kepahyang, sampai Lubuk Linggau,” ujarnya.

Untuk Per kilo yang curah di jual dengan harga Rp 11.000, sedangkan yang menggunakan cup Rp 4000/cup netto 300 gr.

“Dengan adanya usaha Permata Jelly, supaya menjadi sumber rejeki bagi semua orang dan menjadikan masyarakat sehat dengan bahan alami yang aman untuk di konsumsi,” tandasnya. [Mey Borjun]