Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs H Bustasar MS M.Pd, mengaku bangga dan memberikan apresiasinya kepada tim dari MAN 2 Kota Bengkulu serta tim MAN 1 Model Bengkulu yang telah berhasil menorehkan prestasi di ajang kompetisi nasional.

“Keberhasilan MAN 1 Model meraih juara 2 Tingkat Nasional dalam ajang Madrasah Robotik Competition dan MAN 2 Kota Bengkulu yang menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara Nasional Piala Raja Hamengku Buwono X tahun 2018, menjadi bukti bahwa madrasah tidak hanya hebat di bidang agama namun juga mampu berprestasi di bidang akademik atau pengetahuan umum lainnya, ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi madrasah, dan Ini membuktikan bahwa siswa madrasah hebat dan bermartabat,” ujar Bustasar kepada pedomanbengkulu.com, Selasa(6/11/2018).

Lebih lanjut disampaikan Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu, bahwa pihaknya berharap prestasi tersebut dapat terus dikembangkan dan mengangkat citra positif madrasah dimata masyarakat.

“Sebagai salah satu bentuk apresiasi, saya meminta Kepala Bidang Pendidikan Madrasah dan Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kemenag Bengkulu untuk segera menyisir anggaran yang memungkinkan untuk membantu terkait dengan persoalan yang dihadapi agar hal tersebut tidak penghambat bagi para siswa untuk mengembangkan bakat dan prestasinya,” kata Bustasar.

Untuk diketahui, Marching Band DC Fatmawati Islamic Musical (DCFIM) MAN 2 Kota Bengkulu berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara harapan III kategori display klasement senior Brass SMA/K dan Peringkat 9 Street Parade Kalsemen Senior Brass SMA/K pada ajang Nasional Piala Raja Hamengku Buwono X tahun 2018 yang berlangsung di Yogyakarta, pada tanggal 20-21 Oktober 2018 yang lalu.

Sedangkan, MAN 1 Model Kota Bengkulu berhasil meraih juara 2 Tingkat Nasional dalam ajang Madrasah Robotik Competition yang digelar Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada tanggal 3-4 November 2018, yang diselenggarakan di Depok Town Square Jawa Barat.

Ajang tersebut mengangkat tema “Robot Rescue: Robot Mitigasi Bencana”, terdiri atas dua kategori yakni Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana dan kategori Rescue Robot Mobile. [Nurhas Bunaida]