Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana

Pedomanbengkulu.com, Seluma- Kepolisian Polres Seluma menahan Zainal Mangkubono, mantan Kepala Desa Maras Bantan Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) Kabupaten Seluma tahun 2016 lalu.

Dia ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan oleh penyidik sejak 15 November 2018 lalu.

“Tersangka diduga telah melakukan penyalahgunaan DD dan ADD Desa Maras Bantan tahun 2016 lalu,” kata Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana melalui Kasat Reskrim AKP Rizka Fadhila, Kamis (29/11/2018).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, dalam dugaan penyimpangan pengolahan Anggaran Dana Desa (ADD) tersangka diduga melakukan pemotongan gaji honorer pegawai, melaporkan kegiatan fiktif yaitu penyuluhan lansia dan giat posyandu.

Sedangkan untuk kegiatan fisik dari Dana Desa (DD), ada kelebihan pembayaran pada pembangunan tapal batas, pembangunan gorong-gorong, peningkatan kantor desa, peningkatan gedung Paud, pembukaan jalan desa dan telah dilakukan audit oleh BPKP Provinsi dan dinyatakan ada Kerugian Negara senilai Rp 109 juta.

“Penyidikan lebih lanjut, bahwa penyidik akan mendalami keterangan yang diberikan oleh tsk Zainal Mangkubono dan apabila alat bukti telah cukup tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka yang lain,” jelasnya. [Sepriandi]