PedomanBengkulu.com, Bengkulu – UKM (Usaha Kecil dan Menengah) “Cemara Indah” dengan Manisan Terong Ungunya, pernah meraih No 1 tingkat provinsi dan juara harapan 2 tingkat nasional, dan sudah melalui jalur BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) yang terletak di Jl Kuala Lempuing RT 06 No 11 Kota Bengkulu.

Makanan ringan khas Bengkulu berikut ini tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat Bengkulu. Keunikan dari makanan khas ini adalah bahan dasarnya yang terbuat dari terong dimana biasanya manisan akan terbuat dari buah. Sesuai dengan namanya, manisan terong ini mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang legit.

“Ada banyak manfaat dan kelebihan membuat manisan terong ini. Selain bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, usaha ini merupakan peluang bisnis yang cukup prospektif, dan prospek di Bengkulu bagus dan semakin maju,” ungkap Destiana owner Cemara Indah.

Selain Manisan terong ungu, toko kue oleh-oleh makanan khas Bengkulu “Cemara Indah”, juga menyediakan lempuk durian, perut punai, emping melinjo, Bay tat, keripik rafflesia, kripik ikan beledang, kue siput, souvenir, batu akik, batik besurek, dan baju kaos khas Bengkulu.

Untuk harga, rata-rata Rp60.000/kg bay tat ukuran besar. Rp30.000 bay tat ukuran kecil 20000. Manisan terong Rp15.000, lempuk durian Rp50.000/kotak, dalam kemasan toples tabung Rp30.000/pc. Toples ukuran kecil Rp15.000, dan bungkusan kecil seharga Rp15.000

Ia berharap untuk menjadikan usaha mandiri yang handal, terpercaya, dan membantu mengurangi pengangguran di lingkungan sekitarnya.

“Semoga bisa mengembangkan, jaringan kemitraan membangun dan menerapkan budaya kerja organisasi secara konsisten,” tandasnya. [Mey Borjun]