BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik yang diberikan tugas oleh Negara untuk menyelenggarakan Jaminan Sosial bagi seluruh penduduk Indonesia tentunya tidak dapat bekerja hanya sendiri saja. BPJS Kesehatan memerlukan mitra dalam menjalankan tugasnya.

Dalam menyelenggarakan Jaminan Sosial Kesehatan, maka BPJS Kesehatan memerlukan bantuan dari Fasilitas Kesehatan baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri dari Dokter Keluarga, Puskesmas, Klinik Pratama maupun Klinik TNI/Polri dan juga Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri dari Rumah Sakit dan Klinik Utama.

Pada kesempatan kali ini BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melaksanakan Mentoring Spesialis demi terciptanya mutu pelayanan yang lebih baik untuk setiap Peserta JKN-KIS. Hal ini dilakukan baik dengan FKTP Pemerintah maupun FKTP Non-Pemerintah.

FKTP sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam pelayan kesehatan, sudah seharusnya memberikan pelayanan terbaik. BPJS Kesehatan juga wajib memberikan jaminan bahwa peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik demi terwujudnya kepuasan Peserta JKN-KIS.

Dihadiri langsung oleh seluruh perwakilan FKTP yang ada di 3 Kabupaten, yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang.

Kabupaten Bengkulu Utara tidak ikut dalam kegiatan kali ini berhubung karena alasan yang dikira cukup jauh untuk datang ke Kota Curup dan akan dilaksanakan di Kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

“Tujuan kegiatan hari ini adalah untuk memantapkan pengelolaan Club Prolanis yang ada di FKTP. Juga untuk meningkatkan kualitas layanan bagi Peserta JKN-KIS yang memiliki riwayat penyakit kronis yakni Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT). Kita mengundang dr. Adhitya Wicaksana untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang penyakit prolanis agar penangannya dapat dilakukan dengan maksimal. Semua hal yang kita laksanakan hari ini semata hanya demi peningkatan pelayanan bagi Peserta JKN-KIS.” ujar Gita Ramdini selaku Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primer BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup. [Rls/Nurhas Bunaida]