PedomanBengkulu.com, Bengkulu – UPTD Puskesmas Sukamerindu menggalang donor darah. Kegiatan ini merupakan upaya menekan Angka Kematian Ibu dan meyukseskan 100 hari kerja Program Walikota Bengkulu.

Kepala UPTD Puskesmas Sukamerindu Erlina Panca Putri menyampaikan pihaknya menyiapkan 4 kantong darah secara khusus untuk 1 ibu hamil sebagai antisipasi agar dapat cepat merespon ketika ibu-ibu menghadapi kesulitan darah saat persalinan.

“Harapan kita ke depan agar angka kematian ibu tidak ada lagi yang diakibatkan kekurangan darah, mengingat Angka Kematian Ibu di Tahun 2018 ini ada satu orang,” kata Erlina, di halaman UPTD Puskesmas Sukamerindu, Rabu, (7/11/2018).

Sementata itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty menyampaikan dengan adanya kegiatan ANC (antenatal care) mobile akan bisa mengecek keadaan ibu hamil. Dan diharapkan secara efektif dapat menurunkan angka kematian ibu hamil tiap tahunnya.

“Kita harus mempertahanakan Kota Bengkulu sebagai kota sehat, kita persiapkan bank darah di setiap kelurahan, sedini mungkin,” ujar Susilawaty.

Di tempat yang sama, Walikota Bengkulu melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Matriani Amran menyampaikan kegiatan merupakan salah satu inovasi puskesmas Sukamerindu.

“Harapan kita ini menjadi contoh untuk puskesmas lainnya agar memiliki keunggulan tersendiri,” ungkap Matriani.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan ini angka kematian Ibu dapat dihilangkan.

“Semoga tidak ada lagi masalah kematian ibu di Kota Bengkulu,” tutup Matriani. [Rls/Deni Dwi Cahya]