PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Enggano Banana Chips, di tahun 2017 pernah mendapat order expor ke Cina, usaha ini membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Enggano, yang terletak di Jl Belimbing Raya pasar Panorama.

Nama Enggano Banana Chips diambil dari nama salah satu Pulau terluar Indonesia, yaitu Pulau Enggano. Pulau Enggano adalah Pulau yang luasnya +- 397,2 KM2 yang berada di Provinsi Bengkulu, dengan komoditas utamanya adalah penghasil pisang kepok.

Masyarakat Pulau Enggano berharap pisang kepok dapat terjual dengan maksimal, tetapi kenyataannya terdapat beberapa kendala yang dihadapi, diantaranya adalah faktor cuaca dan transportasi laut, sehingga penjualan bahan baku pisang kurang maksimal.

“Dari situlah Enggano Banana Chips muncul, dengan salah satu tujuannya adalah membantu memaksimalkan penjualan bahan baku pisang kepok dalam bentuk keripik pisang,” ungkap Bambang Owner Keripik Pisang Enggano.

Dari CV. Faiz Barokah pertama kali  memulai, membuat mitra kepada masyarakat Enggano dari  masing-masing desa, mengajari cara membuat keripik yang standar, dan memberikan berupa modal. Keripik pisang Enggano pernah mengikut Bengkulu Expo atau pameran ke luar provinsi mewakili Provinsi Bengkulu.

“Harapan kedepannya kita mendapat kesempatan expor, baik itu dari pembeli sendiri atau dibantu dari Pemerintah Daerah. Karena pisang di Enggano sangat banyak, kalo dijual berbentuk pisang harganya sangat rendah, tapi kalo sudah diolah jadi keripik bisa dua kali lipat harganya, jadi dapat juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Enggano,” katanya.

Untuk hasil produksi didistribusikan melalui agen di kota Bengkulu, juga dititipkan di toko oleh-oleh di Anggut, dan beberapa diluar provinsi Bengkulu, tergantung permintaan kerjasama

“Selain keripik pisang, kami juga ada penggilingan mie di pasar Panorama, ada mie ayam, mie celor, kerupuk pangsit, kue bawang, kulit batagor, dll. Untuk varian rasa keripik pisang, ada yang Asin, manis, coklat, keju, mocca, melon, strawberry, balado, barbeque,” tandasnya. [Mey Borjun]