PedomanBengkulu.com, Seluma – Pabrik minyak goreng yang akan dibangun di Desa Talang Beringin, Semidang Alas Maras telah mengantongi izin lokasi dan saat ini sedang dalam proses menyelesaikan izin lingkungan.

Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Seluma masih menunggu penyampaian pemenuhan komitmen izin lingkungan oleh PT. Sudevam Ultratecgreen Indonesia.

“Memang sudah mendaftar TDP namun juga harus melengkapi persyaratan komitmen dengan kajian mendalammnya,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Seluma, Mahwan Jayadi melalui kabid Perizinan, Syah Joni kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (29/11/2018).

Menurut beliau, izin lokasi berlaku efektif serta izin lokasi dan izin lingkungan ini sebagai dasar bagi PT. Sudevam Ultratecgreen Indonesia untuk mengurus izin lainnya seperti Amdal jika memenuhi kriteria wajib amdal, UPL/UKL dan lainnya.

Dengan dikeluarkannya izin lokasi, PT. Sudevam Ultratecgreen Indonesia telah resmi berinvestasi di Kabupaten Seluma. Dan menunggu izin lingkungan yang sudah dalam proses setelah permohonan dari perusahaan yang sudah disampaikan. Perusahaan pun wajib untuk melengkapi seluruh syarat agar dikeluarkannya izin lingkungan tersebut.

“Kelengkapan dokumen lingkungan hidup itu rekomendasi, baru bisa izin lingkungan,” jelasnya.

Dia menambahkan, jika dokumen tersebut bisa saja dikeluarkan langsung oleh pihak perusahaan ataupun pihak ketiga yang sudah menjadi rekanan dari PT. Sudevam Ultratecgreen Indonesia tersebut.

DPMPTSP saat ini hanya bersifat menunggu komitmen izin lingkungan yang hendak disampaikan oleh perusahaan sehingga baru bisa dikeluarkan izin.

“Pemenuhan komitmen izin lingkungan nantinya juga akan di kroscek kembali bersama tim,” ujarnya.

Jika memang pemenuhan komitmen izin lingkungan sudah memenuhi, maka akan dibahas secara bersama kembali dengan liding sector untuk dipaparkan kembali secara bersama-sama.

Tentunya menjadi harapan bersama agar pabrik minyak goreng ini cepat dibangun dan beroperasi. [Sepriandi]