Wakil Wali Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebagai usaha membantu mengembangkan kapasitas pelaku usaha kredit mikro kecil menengah yang ada di Kota Bengkulu, Bank Sinarmas Cabang Bengkulu menggelar Pelatihan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Santika Hotel, Kamis (1/11/2018).

“Kredit mikro bisa berkembang apabila pelakunya terus diedukasi, harapan kita pasca pelatihan ini pelaku UMKM dapat membawa bekal untuk mengembangkan usahanya kelak, kami harap seluruh peserta agar aktif mengikuti tiap sesi kegiatan,” kata Merika Fernandez selaku Branch Manager Sinarmas Cabang Bengkulu.

Dilain sisi, Wakil Walikota Dedy Wahyudi dalam sambutannya menyampaikan komitmen pemerintah Kota adalah melanjutkan program-program berbasis kerakyatan salah satunya yaitu Samisake.

“Samike (Satu Milyar Satu Kelurahan), program ini ada jauh sebelum dana desa dicanangkan, diawal program ini cukup fenomenal banyak menuai pro dan kontra dan banyak pihak yang menggangap program ini gagal,” kata dia.

Program Samisake, sambungnya, LKM Kelurahan Jembatan Kecil contohnya penerima dana Program Samisake yang sukses mengembangkan usahanya.
“Setoran awal mereka 300 juta Rupiah dan fantastis sekarang berkembang menjadi 3 Miliar,” tambah Dedy Wahyudi.

Selain itu, UMKM adalah sektor rill yang tidak mudah terpengaruh dengan pasar global bahkan ketika negara di terpa krisis moneter 98, salah satunya Kerajinan Batik Basurek, Sektor lokal yang mendunia.

Tampak Hadir, OJK, Bank Sinarmas Pusat, Dinas Koperasi dan UMKM Kota, Pelaku UMKM Kota Bengkulu, dan Rekan-rekan Media. [Rls/Deni Dwi Cahya]