PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Menjelang pelaksanaan ‘Doa 10 Juta Umat Untuk Negeri’ yang siap digelar pada 10 November 2018 mendatang, saat ini panitia tengah mempersiapkan acara di tempat ibadahnya masing-masing, Kamis (8/11/2018).

Direncanakan akan diikuti oleh jutaan umat dari semua agama yang ada di Kota Bengkulu, Wakil Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengintruksikan kepada seluruh umat beragama dapat mengikuti acara di tempat ibadahnya masing-masing.

Untuk umat Islam, akan difokuskan di Masjid At-Taqwa yang berlokasi di Jl Soekarno Hatta, Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu.

“Persiapannya sudah matang, saat ini masjid sudah ditambah WC, ditambah kran air wudhu dan untuk tenda kita kerjasama dengan pemda,” kata Ustaz Sulaiman selaku pengurus Masjid At-Taqwa.

Dilanjutkan Sulaiman, biasanya masjid akan menggunakan karpet khusus untuk shalat Idul Fitri dan Idul Adha saja, namun sekarang karpet tersebut akan digunakan juga untuk acara ‘Doa 10 Juta Umat Untuk Negeri’.

“Mudah-mudahan sepuluh ribu bisa hadir,” tambah Ustaz Sulaiman.

Dilain sisi, Romo Sarwono selaku Pastur Gereja ST Yohanes nengungkapkan untuk umat kristen sendiri diperkirakan ada sekitar seribu orang akan turut serta.

“Rencananya ada doa bersama yang dimulai dari sekolahan, dari SMP Sint Carolus menggunakan Rosario merah putih, dari sana kita akan keliling sampai sini. Setelah itu ada perayaan Ekaristi di sini, kemudian ada pembacaan puisi dan menyanyikan lagu kebangsaan,” ujar Romo Sarwono.

Sedangkan untuk umat Budha sendiri sangat mendukung program Pemkot untuk melaksanakan ‘Doa 10 Juta Umat Untuk Negeri’ karena dinilai dengan melakukan doa bersama akan menghindarkan Kota Bengkulu dari malapetaka dan bencana-bencana alam.

“Kami siap melaksanakan dan menyukseskan yang nanti akan diselengarakan pada 10 November. Saya memperkirakan ada sekitar 300 umat Budha akan datang,” tutup Mitro salah Anggota FKUB perwakilan Budha. [Deni Dwi Cahya]