PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebagai upaya sigap untuk menanggulangi bencana, Pemerintah Kota Bengkulu melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial mengukuhkan Forum Pengurus Peduli Sesama sekaligus mendeklarasikan Kelurahan Jembatan Kecil Stop Buang Air Besar Sembarangan, Kecamatan Singaran Pati, Senin (26/11/2018).

Camat Singaran Pati Syaiful Anwar menyampaikan sejak Tahun 2011 berdirinya Kecamatan Singaran Pati kejadian-kejadian bencana seperti tembok sekolah roboh, warga sakit, belum mampu direspon lebih cepat oleh pemerintah.

“Kepedulian terhadap sesama kita bangun dari level terbawah tingkat RT/RW, dengan forum ini kita mampu bersinergi dengan program-program pemerintah,” kata Syaiful.

Di samping itu, Kelurahan Jembatan Kecil juga mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS).

“Kami berharap kelurahan lain dapat menyusul,” ujar Syaiful.

Sedangkan, Asisten I Fachriza Razie mengatakan bahwa pengukuhan forum peduli sesama dan deklarasi SBS merupakan bagian dari komitmen dan tekad pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya rasa tidak ada lagi di kelurahan Jembatan Kecil ini yang buang air besar sembarangan, ini tinggal mendeklarasikannya saja,” papar Fachriza.

Ia menambahkan, ini merupakan ide cemerlang dari Camat Singaran Pati, masyarakat yang tertimpa musibah dapat tertangani tanpa harus menunggu pemerintah.

“Camat dan lurah kalau tidak didukung masyarakat secara langsung tidak akan ada artinya. Bekerjalah dengan amanah dan ikhlas, Allah akan membalas semua kebaikan kita,” tutup Fachriza. [Rls/Deni Dwi Cahya]