PedomanBengkulu.com, Kaur – Kegiatan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Goes To School di SMA Negeri 3 Kaur berjalan sukses, Selasa (13/11/2018).

Kegiatan Tagana Goes To School diinisiasi oleh Dinas Sosial Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini diikuti oleh Pelajar SMK N 1 Kaur, SMA N 1 Kaur, SMA N 2 Kaur dan SMK N 3 Kaur masing-masing sekolah mengirim 30 orang siswa dan pembina.

Ada beberapa materi yang disampaikan tentang kebencanaan, yakni pemasangan tenda pengungsi, dapur umum pengungsi, pengetahuan Search and Rescue (SAR) dan lainnya yang langsung disimulasikan.

Permateri Tagana Provinsi Bengkulu Mujianto menyampaikan bahwa para siswa harus paham dan memahami tentang kebencanaan.

“Sebab secara geografis Kabupaten Kaur termasuk daerah rawan bencana seperti banjir, longsor dan gelombang tinggi,” ujar Muji.

Ia menjelaskan, pengetahuan yang dipelajari harus dipahami secara utuh.

“Kita harus memahami aspek kebencanaan dan langkah yang harus kita ketahui baik sebelum terjadi, sedang terjadi maupun pasca bencana,” paparnya.

Roly, Ketua Forum Tagana Kabupaten Kaur memberikan apresiasi yang sangat besar kepada seluruh pelajar yang telah mengikuti simulasi kegiatan Tagana Goes To School.

“Para siswa begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan termasuk simulasi pemasangan tenda pengungsi,” tandas Ruly.

Ia berharap ke depan para peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan.

“Mudah-mudahan seluruh materi yang telah disampaikan dapat bermanfaat,” seru Ruly. [Feri]