PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dengan muatan ethnic lokal peserta terbanyak. Kegiatan ini turut ikut dalam bagian Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dan dilaksanakan, dalam rangka HUT  ke-50 Bengkulu yang diselenggarakan di Sport Center Pantai Panjang, Bengkulu.

Rusdi Bakar selaku staf ahli gubernur dan sumber daya manusia menjelaskan, kegiatan yang bersamaan dengan HUT ke-50 Bengkulu ini, merupakan momentum bahwa, peningkatan kesehatan masyarakat di Bengkulu ini akan terbentuk apabila, adanya peran serta dari berbagai komponen masyarakat.

“Pihak pemerintah sendiri sudah melakukan berbagai trobosan Gerakan masyarakat (Germas). Salah satu nya yaitu terciptanya Senam Germas (SEGAR) ini. Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan seperti ini, yang mana kegiatan seperti ini bisa memberikan manfaat untuk Bengkulu, dan juga nanti dapat mengimplentasikan kepada OPD baik di provinsi Bengkulu maupun di kabupaten/kota, dalam rangka mewujudkan hidup sehat,” ujarnya, Sabtu (24/11/18).

Senam Germas ini diikuti oleh 15.000 orang, yang meliputi ASN, Pegawai Dinas Kesehatan, rumah sakit, pelajar serta seluruh elemen masyarakat Bengkulu.

Disisi lain Kuwat Sri Hudoyo selaku Staf ahli bidang hukum kesehatan Kemenkes RI mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah provinsi Bengkulu, yang mana telah memberikan arahan agar masyarakat bisa hidup sehat.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa menular ke daerah lain yang mana semakin banyak masyarakat yang mengetahui pentingnya hidup sehat maka nantinya menjadi daerah Bengkulu sehat,” tandasnya. [Mitha]