PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sesuai dengan agenda sebelumnya, Masjid At-Taqwa akan dijadikan salah satu lokasi kegiatan ibadah berjamaah malam tahun masehi 2018 ke tahun 2019. Dalam pelaksanaannya nanti, jamaah yang hadir ditargetkan sejumlah dua ribu sembilan belas orang jamaah.

“Kita mengundang seluruh organisasi mahasiswa, kepemudaan, Risma dan tokoh-tokoh muda untuk ikut serta dalam kegiatan termasuk pengurus masjid se Kota Bengkulu. Walikota Bengkulu Helmi Hasan juga akan datang bersama perangkatnya. Konon katanya, seluruh RT dan RW juga sudah dihimbau untuk datang. Target kita yang hadir itu minimal 2019 orang pemuda,” kata Ustaz Ibnuhajar Asshidqi Basalamah selaku imam masjid saat ditemui di Masjid At-Taqwa, Sabtu (29/12/2018).

Pihaknya juga menyampaikan bahwa sejauh ini persiapan kegiatan tersebut hampir selesai dan acara tersebut direncanakan akan berlangsung semalaman, akan dimulai dengan shalat magrib berjamaah hingga Coffe Morning di pagi keesokan harinya.

“Acaranya lumayan padat, acara itu dimulai setelah shalat magrib sampai pagi. Setelah shalat magrib berjamaah, ada pembukaan sambutan dari pihak panitia, sambutan pihak masjid dan sambutan Walikota Bengkulu Helmi Hasan,” terang Ustaz Ibnu.

Dalam pelaksanaannya, panitia juga akan menggelar nonton bareng dan menampilkan kisah menarik dari tiga orang yang berhijrah.

“Setelah itu istirahat sebentar, dan kita tampilkan ‘Before and After‘, yang dulunya bajingan sekarang terus jadi ajengan, tadinya buaya terus jadi buya, yang bertato jadi bertaqwa. Itu nanti kita tampilkan tiga orang untuk berbagi cerita,” terang Ustaz.

Di samping itu, selain ada kegiatan di dalam masjid, direncanakan Walikota H Helmi Hasan juga akan menggelar sidak ke wilayah pesisir Pantai Panjang untuk mengajak masyarakat ke masjid.

“Kita akan mengadakan kegiatan di dua tempat, di dalam masjid dan di luar masjid. Untuk kegiatan di luar masjid, kita akan datang ke pantai, kita imbau dan ajak orang-orang yang ada dipantai untuk ke masjid. Di masjid nanti ada tausiyah,” terang Ustaz Ibnuhajar.

Setelah itu, lanjutnya, akan ada Muhasabah, makan bareng, ramah tamah, shalat Subuh berjamaah hingga ke Coffe Morning. Nanti malam atau sore kita akan musyawarah terakhir. Insyaallah nanti kita juga akan sembelih seekor sapi untuk acara itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan sinergi antara Laskar At-Taqwa dan Wahana Muda Indonesia (WMI) Indonesia Provinsi Bengkulu, Prima DMI Bengkulu, HMI Bengkulu, KAMMI Bengkulu dan sejumlah ormas lainnya dalam rangka menyambut imbauan Pemerintah Kota Bengkulu untuk tidak merayakan tahun baru dengan hura-hura.

Ketua WMI Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, inisiator gerakan ini mengatakan, berbagai organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan telah diajak berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Ini adalah kegiatan perdana dan insyaAllah kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan,” demikian Dempo. [Deni Dwi Cahya]