PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Kabar gembira bagi seluruh Warga Kabupaten Rejang Lebong. Pasalnya, jika tidak ada aral melintang, sebanyak 45.854 paket bahan seragam sekolah gratis akan segera didistribusikan pekan depan kepada seluruh siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat dan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Informasi yang kami terima dari Perusahaan pelaksana proyek pengadaan bahan pakaian seragam sekolah ini, pekerjaan sudah selesai dan siap segera dilakukan pengiriman ke Kabupaten Rejang Lebong dari lokasi pembelian bahan pakaian seragam sekolah ini di kawasan Jawa Tengah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong, T. Samudji melalui PPTK Pekerjaan pengadaan barang dan jasa, Erwan Suganda, Minggu (16/12).

Dijelaskan Erwan, 1 paket bahan pakaian gratis yang akan diterima oleh para siswa berisikan 1 pasang bahan pakaian seragam SD atau SMP, 1 pasang seragam pramuka dan bahan atasan pakaian muslim.

“InsyaAllah pekan depan ini paket paket bahan pakaian seragam sekolah ini sudah sampai di Rejang Lebong dan selanjutnya akan segera kita distribusikan ke seluruh SD sederajat dan SMP sederajat yang ada di Kabulaten Rejang Lebong. Dalam pendistribusiannya nanti, 1 siswa akan mendapatkan 1 paket bahan pakaian tersebut,” jelas Erwan.

Dilanjutkan Erwan, jumlah siswa SD sederajat yang akan menerima bantuan paket bahan pakaian gratis ini tercatat berjumlah 31.066 orang. Sedangkan jumlah siswa SMP sederajat yang tercatat akan menerima bantuan serupa yaitu sebanyak 14.788 orang siswa.

“Kami sangat berharap agar Warga dapat turut serta melakukan pengawasan saat pendistribusian ke Sekolah sekolah nanti dilaksanakan. Sehingga bantuan benar benar dapat tersalurkan kepada siswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Erwan.

Ditambahkan Erwan, setelah siswa menerima bantuan seragam sekolah tersebut, diharapkan agar segera dimanfaatkan dengan cara dijahit menjadi pakaian seragam sekolah dan pakaian muslim.

“Jadi, pakaian pakaian seragam itu bisa segera dipakai oleh para siswa saat bersekolah,” tegas Erwan.

Untuk diketahui, mega proyek pengadaan paket bahan pakaian seragam sekolah dan pakaian muslim yang menelan dana senilai rp 13,4 Milyar bersumber dari APBD Perubahan tahun 2018 Kabupaten Rejang Lebong ini sempat menimbulkan ke khawatiran dari sejumlah kalangan yang mengira pekerjaan yang dilaksanakan oleh PT Maju Jaya didukung oleh PT Sritex ini tidak akan tuntas dilaksanakan mengingat waktu pengerjaan yang sangat singkat di penghujung tahun anggaran 2018 ini.

“Proyek ini awalnya memang berjudul bantuan seragam sekolah. Namun, setelah kita lakukan sejumlah koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk koordinasi dengan pihak konveksi maka sempat muncul kekhawatiran jika pekerjaan tidak akan selesai mengingat waktu pengerjaan yang sangat singkat. Makanya, pekerjaan kita lakukan perubahan sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku menjadi pengadaan bahan dasar pakaian seragam sekolah ini. Alhamdulilah, pekerjaan berjalan lancar tepat waktu dengan kualitas yang baik. Sehingga komitmen Kita untuk mendukung kemajuan penuh dalam bidang pendidikan di Rejang Lebong ini bisa maksimal tercapai,” tegas Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong, T Sadmuji beberapa waktu lalu. [Ifan Salianto]