Pedomanbengkulu.com, Bengkulu – Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) mengadakan Seminar Nasional Pekan Kewirausahaan Mahasiswa sebagai wujud konsistensi perhatian Fakultas Ekonomi UMB tentang Kewirausahaan.

Pada seminar kali ini, Wakil Walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi SE MM dan Budiyanto SPi selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) ditunjuk sebagai narasumber.

Acara yang berlokasi di Hotel Puteri Gading ini, dihadiri oleh 500 peserta mahasiswa/i Fakultas Ekonomi UMB dan mengusung tema spirit wirausaha muda menuju kemandirian bangsa, Kamis (20/12).

Dekan Fakultas Ekonomi UMB, Furqonti Ranidiah SE MM, dalam sambutannya mengatakan, seminar kewirausahaan ini dipandang sebagai kegiatan yang sangat penting, mengingat tingginya tingkat pengangguran, sementara lapangan pekerjaan yang tersedia sangat minim.

Dekan Fakultas Ekonomi UMB

“Oleh karena itu, kegiatan ini akan semakin penting ketika kita dihadapkan pada suatu kenyataan era perdagangan bebas. Maka secara sadar kita harus mempersiapkan diri secara serius dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Jadi tidak hanya mengharapkan mencari pekerjaan atau menjadi pegawai negeri saja,” katanya.

Menurut Furqonti, Seminar Nasional Pekan Kewirausahaan Mahasiswa ini adalah seminar yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa, dan sekaligus memfasilitasi mahasiswa, agar dapat merubah paradigma dan berusaha untuk menjadi seorang wirausahawan, yang memiliki mental serta keberanian yang tinggi dalam berwirausaha.

Dekan Fakultas Ekonomi UMB ini berharap, seminar ini benar – benar efektif bagi penumbuhan kesadaran akan perlunya kewirausahaan.

Dengan demikian kalangan mahasiswa/i akan dapat lebih mandiri, berkarya nyata, adaptif, kreatif dan inovatif, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungan sekitarnya.

“Sifat – sifat ini pula yang diperlukan bangsa ini kedepan, karena disadari generasi muda adalah penyangga bangsa dan negara di masa depan,” ujarnya, Kamis (20/12).

Sebelum mengakhiri sambutannya, Furqonti berharap setelah mengikuti seminar ini, para peserta mahasiswa/i sudah menjadi pengusaha sebelum menjadi sarjana.

Pantauan Jurnalis pedomanbengkulu.com, Seminar nasional ini tampak hidup dan semarak. Pada saat memaparkan materinya, kedua narasumber memberikan motivasi kewirausahaan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi UMB.

Dihadapan para mahasiswa, Budiyanto menyebutkan ternyata orang yang sukses dengan orang yang gagal itu mempunyai kesamaan.

Bedanya, kalau kebiasaan orang sukses suka membuat rencana strategis, kemudian, selalu melangkah untuk pertumbuhan, bekerja keras, dan selalu mempunyai visi kedepan.

“Sedangkan kebiasaan orang yang gagal akrab dengan kata yang tidak mungkin,” ujarnya.

Dipenghujung materinya, dihadapan para peserta, Budiyanto memberikan semangat tentang bagaimana berjuang dalam wirausaha.

“Untuk memperoleh keberhasilan, kita jangan takut – takut berusaha. Yang muda harus terus berkreasi,” katanya sembari menceritakan pengalamannya saat menuju keberhasilan sampai berhasil seperti sekarang ini. [Nurhas]

Photo Bersama