PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – JI alias Junet (21), Warga Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur akhirnya diringkus unit Opsnal Polres Rejang Lebong lantaran nekat membobol rumah milik Uchty (27), Warga Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur yang tidak lain adalah tetangganya sendiri, Sabtu (24/11) lalu. Identitas JI terungkap setelah petugas melakukan penyelidikan singkat dilokasi kejadian.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika S.Ik melalui Kasat Reskrim, AKP. Jery Antonius Nainggolan, SIK, Kamis (6/12) menjelaskan, jika JI melakukan aksinya saat rumah Korban dalam keadaan kosong ditinggal bepergian oleh Korban.

“JI kita amankan diseputaran rumahnya tanpa perlawanan. Saat ini, JI sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas unit Pidana Umum Sat Reskrim Polres Rejang Lebong,” ujar Kasat.

Kronologisnya, sambung Kasat, bermula saat Korban baru pulang ke rumah dari bepergian, Sabtu (24/11) sekitar pukul 13.30 WIB. Setiba di halaman rumah, Korban langsung diberitahu tetangga jika pagar rumahnya telah roboh.

Mengetahui hal itu, Korban lantas segera melakukan pengecekan. Benar saja, pagar belakang rumah Korban telah roboh. Korban yang mulai panik akhirnya langsung masuk ke dalam rumah dan mendapati jika pintu antara dapur dengan kamar mandi rumahnya telah terbuka.

Setelah dicek secara seksama, tambah Kasat, Korban juga mendapati jika 5 buah tabung gas LPG 3kg, 2 buah aki mobil, 1 buah dongkrak, 1 buah timbangan barang, 1 buah celengan, dan 1 buah senter yang ada di rumahnya sudah tidak ada lagi.

“Setelah mendapatkan informasi itu, Petugas kita langsung melakukan penyelidikan di sekitar lokasi dan mendapatkan identitas pelaku hingga akhirnya JI kita amankan di sekitar tempat tinggalnya,” tegas Kasat.

Dilanjutkan Kasat, atas perbuatannya, JI akan dikenakan pasal 363 KUH Pidana tentang pencurian dan pemberatan.

“Kami himbau kepada Masyarakat agar tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Terlebih lagi jika bepergian dalam waktu yang lama,” ujar Kasat. [Ifan Salianto]