PedomanBengkulu.com, Kaur – Langka bin ajaib. Itulah kira-kira yang dapat digambarkan atas penemuan pohon benalu hidup di batang bambu.

Menurut penuturan salah satu warga Mang Is umur sekitar 85 tahun belum pernah di temukan benalu jenis ini yang hidup di pohon bambu.

“Banyak sekali kasiat dari benalu ini, obat kangker, kena racun, tangkal santet atau guna-guna dan pakaian pejabat penting, dari dulu orang mencari benalu ini tapi tidak pernah ketemu,” ujar Mang Is.

Penemuan ini berawal dari seorang petani Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung yang bernama Adenan Efendi (55) sedang mencari pohon bambu untuk tangga pondok di kebun.

Saat Jurnalis Pedoman Bengkulu mengkonfirmasi Adnan Efendi Sabtu (31/12/2018), ia mengatakan, ia melihat benalu tersebut secara tiba-tiba.

“Ketika saya mau tebang pohon bambu itu, tiba-tiba saja saya lihat ada pohon benalu yang nempel di pohon bambu. Langsung saja saya potong sekitar satu meter dan saya bawa pulang,” tandas Adnan.

Adnan menjelaskan, ia tak tahu apa kegunaan benalu tersebut.

“Saya nggak tahu kasiatnya, tapi kalau dari omongan tetua dulu benalu ini sangat dicari tapi belum pernah ada yang nemukan. Mudah-mudahan penemuan ini, ada berkah dari Allah subhanahu wa ta’ala,” ungkapnya. [Feri]