PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Puluhan rumah Warga di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Curup Timur, Kamis sore (6/12) terendam banjir.

Air meluap ke jalan dan halaman rumah Warga setempat sesaat hujan deras mengguyur Kabupaten Rejang Lebong selama 3 jam.

Diduga kuat, meluapnya air tersebut akibat buruknya sistem drainase jalan yang ada di wiayah pemukiman padat penduduk tersebut.

“Bukan hanya hari ini saja mas, banjir dadakan ini selalu kami rasakan setiap kali hujan deras terjadi. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini, hampir setiap hari kami harus repot membuang air dari dalam rumah dan perkarangan kami karena banjir,” cetus Dodi (23), Warga setempat.

Sementara itu, Wahono SP, Anggota DPRD Rejang Lebong mengungkapkan, terdapat sejumlah indikasi penyebab terjadinya banjir dadakan di wilayah tersebut. Diantaranya, buruknya sistem drainase jalan di lingkungan tersebut, daya tampung drainase jalan yang sudah tidak seimbang dan banyaknya sampah menyumbat dalam aliran drainase jalan tersebut.

“Ini harus menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Daerah. Sebab ini sudah terjadi berulang kali,” tegas Wahono.

Ditambahkan Wahono, Pemerintah Daerah Rejang Lebong melalui instansi terkait wajib melakukan berbagai tindakan evaluasi, baik terhadap sistem jaringan drainase yang ada maupun daya tampung drainase.

Sebab, seiring dengan waktu, jumlah penduduk dan pemukiman di lingkungan kelurahan Sidorejo semakin padat.

“Butuh solusi tepat dalam penanganan permasalahan ini, namun harus segera dilakukan penyelesaiannya,” tegas Wahono.

Dilain sisi, Wahono juga menghimbau kepada Warga setempat agar tidak lagi membuang sampah ke dalam aliran drainase jalan yang ada.

“Sebagai salah satu solusi, setiap rumah Warga sebaiknya membuat saluran atau lubang serapan air di perkarangan rumah masing masing. Sehingga saat hujan turun, sebagian air hujan langsung meresap ke dalam lubang dan saluran serapan yang ada di perkarangan rumah,” cecar Wahono.

Pantauan PedomanBengkulu.com, banjir dadakan tidak hanya terjadi di Kelurahan Sidorejo semata, melainkan juga terjadi di sejumlah titik lokasi lainnya.

Seperti, Kelurahan Banyumas Kecamatan Curup, Kelurahan Tunas Harapan, Dusun Curup Kecamatan Curup Utara.

Kelurahan Taman Siswa Kecamatan Curup, Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur dan sejumlah lokasi lainnya. [Ifan Salianto]