PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dukungan kepada Pemerintah Kota Bengkulu untuk memakmurkan rumah-rumah ibadah pada malam tahun baru sebagaimana Surat Himbauan Nomor:456/297/ B.Ill / 2018 tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di Kota Bengkulu yang ditandatangani Walikota H Helmi Hasan terus mengalir.

Minggu (30/12/2018) sore, dua ekor sapi disumbangkan oleh manajemen Mega Mall – PTM Bengkulu kepada Masjid Akbar At-Taqwa Kelurahan Anggut Atas dan Masjid Al Huda Kelurahan Tebeng sebagai bentuk partisipasi mall pertama di Bengkulu itu dalam memakmurkan masjid saat malam tahun baru.

Di Masjid At-Taqwa, sapi ini diserahkan oleh pengelola PTM Bengkulu Zulkifli Ishak kepada Ketua Wahana Muda Indonesia (WMI) Bengkulu, Dempo Xler, salah seorang penggagas acara ‘Boikot Malam Tahun Baru dari Kemaksiatan’ yang akan dihelat sejak magrib Senin (31/12/2018) hingga subuh (1/1/2019).

Zulkifli Ishak kepada wartawan mengatakan, Mega Mall – PTM Bengkulu terus berkomitmen memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Bengkulu dalam membangun mental warga masyarakat.

“Upaya memakmurkan rumah ibadah ini merupakan pekerjaan mulia yang layak didukung oleh segenap elemen warga masyarakat, termasuk para pelaku usaha dan bisnis. Kami senang bisa berpartisipasi,” kata Zulkifli usai penyerahan.

Sementara Ketua WMI Bengkulu, Dempo Xler, menyatakan rasa terimakasihnya atas sumbangsih pihak Mega Mall – PTM Bengkulu. Padahal, kata Dempo, bisnis ritel terkemuka di Indonesia tersebut baru saja mengalami musibah.

“Semoga sumbangannya untuk memakmurkan rumah Allah dapat Allah gantikan dengan kebaikan-kebaikan,” ujar Dempo.

Mantan Presiden BEM Universitas Bengkulu (UNIB) ini mengimbau kepada seluruh kaum muda dan segenap warga masyarakat lainnya dapat ikut serta dalam acara ‘Boikot Malam Tahun Baru dari Kemaksiatan’.

“Sapi, ikan, jagung dan buah-buahan akan disiapkan oleh panitia untuk memakmurkan rumah Allah subhanahu wa ta’ala ini. Semua akan disediakan untuk tamu-tamu Allah yang ikut serta dalam acara ini,” demikian Dempo Xler.

Sebeluknya, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan mengajak masyarakat untuk memakmurkan rumah ibadah saat malam pergantian tahun Masehi.

“Pemerintah Kota Bengkulu mengajak masyarakat merayakan pergantian tahun baru Masehi dengan memakmurkan rumah ibadah masing-masing,” kata Helmi.

Ia menerangkan bagi yang beragama Islam melakukan doa, zikir, muhasabah di Masjid. Bagi yang beragama Kristen melakukan ibadah dan doa di Gereja. Bagi yang beragama Hindu melakukan ibadah dan doa di Pura. Bagi yang beragama Budha melakukan ibadah dan doa di Vihara, dan yang beragama Konghucu melakukan ibadah dan doa di Klenteng.

“Pemerintah Kota Bengkulu akan memberikan penghargaan kepada rumah ibadah yang paling makmur melakukan aktivitas keagamaan di awal tahun 2019,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pengelola hotel, tempat wisata, tempat hiburan, untuk tidak merayakan tahun baru dengan melanggar norma agama, norma adat, dan aturan undang-undang yang berlaku.

“Kepada tokoh agama, tokoh adat dan cerdik pandai agar mengajak secara aktif keluarga, tetangga, adik sanak, warga Kota Bengkulu untuk memakmurkan rumah ibadah,” sambungnya.

Kepada aparat keamanan, lanjutnya, diminta untuk mengawasi tempat-tempat yang berkemungkinan dijadikan lokasi perayaan pergantian tahun 2018- 2019 Masehi.

“Kepada kita semua diminta menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing- masing,” tutupnya. [Sulaeman]