PedomanBengkulu.com, Seluma – Berdasarkan penilaian Sistem Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kemenpan RB Kabupaten Seluma mendapatkan nilai C, sehingga Pemkab Seluma harus melakukan evaluasi terhadap kinerja beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Sebenarnya tidak boleh nilai C, tapi karena masih ada beberapa OPD yang nilainya C jadi kita harus melakukan perbaikan sampai tanggal 10 ini. Paling tidak kita nilai B, itu harus ada peningkatan kinerja,” kata Bupati Seluma, Bundra Jaya Senin (03/12/2018).

Menurutnya Kabupaten itu tidak boleh nilai C, oleh karena itu harus ada peningkatan kinerja, karena untuk di Kabupaten Seluma sudah ada yang bernilai B, namun karena mayoritas kita bernilai C, hingga membuat nilai Kabupaten Seluma masih C.

“Sudah ada yang miliki nilai B, namun karena mayoritas masih bernilai C, maka kita Kabupaten Seluma juga bernilai C,” ujarnya menambahkan.

Dia menjelaskan, peningkatan kinerjanya OPD harus sesuai dengan fungsinya. Sehingga, OPD dan bidang mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan.

“Kepala dinas dan Kabid itu harus benar-benar mengetahui apa tugasnya. Supaya kinerja dapat ditingkatkan,” tegasnya.

Bundra menyatakan sekitar 41 persen OPD di Kabupaten Seluma mendapatkan nilai B namun masih banyak OPD yang mendapatkan nilai C sehingga mempengaruhi yang lainnya.

“Kalau nilai kita C, akan berimbas kurangnya transfer pusat ke daerah,” tandasnya. [Sepriandi]