Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong, Deri Efendi

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Upaya mendukung kemajuan dunia pendidikan terus dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong. Salah satunya melalui pembangunan sarana dan prasarana di sejumlah sekolah sekolah yang ada.

Menggunakan APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong tahun anggaran 2018, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong melaksanakan sejumlah pekerjaan pembangunan fisik diantaranya pembangunan 3 unit Mushola di 3 Sekolah Dasar dan pembangunan 3 pagar sekolah di 3 lokasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilaksanakan melalui sistem Kontraktual jenis Penunjukan Langsung. Ironisnya, hingga jelang akhir tutup tahun, masih terdapat 1 dari 6 pekerjaan pembangunan fisik yang ternyata belum tuntas dikerjakan yaitu pembangunan pagar sekolah di SMP 3 Curup Timur yang dilaksanakan oleh CV Fadhil Anugerah Cemerlang dengan dana rp 178 juta.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong, T. Samudji S.Pd melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Deri Efendi, Selasa (18/12) tidak menampik kebenaran kondisi tersebut.

Bahkan, Dirinya mengakui jika pihaknya telah memberikan teguran secara lisan kepada pihak pelaksana pekerjaan agar sesegera mungkin menuntaskan pekerjaan pembangunan pagar tersebut lantaran sudah mendekati tanggal putus kontrak.

“Betul. Tetapi masa waktu pekerjaan masih ada hingga 20 Desember 2018 nanti atau masih tersisa dua hari lagi,” ujar Deri.

Kendati demikian, Deri tetap optimis jika pembangunan pagar sekolah di SMP 3 Curup Timur tersebut bisa selesai dikerjakan tepat waktu dan dapat dimanfaatkan oleh pihak Sekolah pada awal Januari 2019 mendatang.

“Untuk dua paket proyek pagar lainnya serta 3 paket pembangunan Mushola sudah selesai semua. Sekarang sedang dilakukan pemeriksaan oleh tim PHO,” ujar Deri.

Untuk diketahui, tahun anggaran 2018 menggunakan dana APBD Perubahan 2018, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong melaksanakan pembamgunan 3 unit pagar sekolah, diantaranya pagar sekolah SMP Negeri 3 Selupu Rejang, SMP Negeri 1 Curup dan SMP Negeri 1 Padang Ulak Tanding.

Selain itu, menggunakan sumber dana yang sama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong juga melaksanakan pembangunan 3 unit Mushola, diantaranya Mushola di SD 63 Belumai Kecamatan Padang Ulak Tanding, SD 82 Tanjung Sanai Kecamatan Padang Ulak Tanding dan SD 83 Periang Kecamatan Kota Padang.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh sekolah yang telah mendapatkan bantuan sarana dan prasarana pendidikan ini agar menjaga dan merawat bangunan yang sudah dibuat agar terus bisa memberikan asas manfaat positif bagi siswa dan guru yang bertugas,” ujar Deri. [Ifan Salianto]