PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Terkait pengajuan pemekaran Pembangunan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang sudah di usulkan oleh Kejaksaan Agung, informasi terbaru bahwa usulan yang disampaikan tersebut masih menunggu keputusan presiden.

Asisten Bidang Pembinaan Kejaksaan Tinggi Tri Ari Mulyanto, Kamis (6/12/2018) mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu dari kejaksaan agung yang dibicarakan dari tim Sekretaris Kabinet (Serkab) sebagaimana sebelumnya, tim Setkab telah melakukan peninjauan.

“Kemarin pihak Kejaksaan Agung juga sudah berkoordinasi. Sebenarnya akhir tahun ini sudah clear, kalau tidak clear nanti diajukan di tahun 2019 mendatang. Tapi untuk perkembangan terkait ini kita masih menunggu dan mudah mudahan berhasil bareng dengan pembentukan satker-satker Kejaksaan Tinggi di Daerah Papua,” ujar Tri Ari Mulyanto.

Dikatakan Tri, sebelumnya untuk pengajuan tersebut pernah dijanjikan sesuai formasi yang ada pada tahun 2018 rampung karena tahun 2019 tidak meluncurkan pemekaran kejaksaan, karena ada beberapa pertimbangan. Jadi jika pengusulan pemekaran pada tahun 2018 tidak Gol maka diprediksi pengusulannya bisa sampai pada tahun 2020.

“Karena tahun 2019 fakum tidak ada usulan. Itu merupakan usulan Kejaksaan Agung disusun dari keputusan presiden karena pembentukan Kejari atau satker, jadi ini masih menunggu tapi Kejaksaan Agung telah mengusulkan dan telah ditinjau oleh tim kelayakan. Karena kalau keputusan presiden turun, ada persetujuan pembentukan baru kita menyiapkan sumber daya manusianya, dan sarana prasarananya,” tambah Tri.

Seperti dikatakan Tri Ari Mulyanto sebelumnya, memang filosofinya Kabupaten Bengkulu tengah sudah membutuhkan adanya Kejaksaan Negeri Bengkulu Tengah dan kesiapan dari pihak pemerintah daerah mendukung hal tersebut karena ingin mempunyai pemerintahan yang lengkap. Seperti diketahui bersama, Bengkulu Tengah untuk kejaksaan sampai saat ini masih menginduk di Kejaksaan Kabupaten Bengkulu Utara. Terkait pemekaran yang sudah diusulkan tersebut, pembangunan Kejari akan dibangun di Kecamatan Karang Tinggi sekaligus pembangunan Polres.[Ardiyanto]