PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Imbauan Pemerintah Kota Bengkulu agar warga “memboikot” tahun baru yang identik dengan hura-hura dan kemaksiatan dengan cara memakmurkan rumah ibadah direspon positif oleh Laskar At-Taqwa, sebuah komunitas pemuda ‘hijrah’ yang berbasis di Masjid Akbar At-Taqwa Kelurahan Anggut Atas.

Ketua Panitia, Ahmad Fitrah mengatakan, pada malam peringatan tahun baru masehi tersebut ia secara terbuka mengundang seluruh organisasi mahasiswa dan kepemudaan untuk ikut serta dalam kegiatan “Boikot Malam Tahun Baru”.

“InsyaAllah pada Senin 31 Desember 2018 acara kita mulai dari magrib berjamaah. Nanti akan ada muhasabah, tausiah, khidmat, qiyamul lail dan itikaf hingga sarapan bersama di Masjid Akbar At-Taqwa. Seorang hamba Allah mengorbankan seekor sapi untuk menyemerakkan kegiatan ini,” kata Ahmad Fitrah kepada jurnalis, Jumat (28/12/2018).

Pria berkacamata ini menegaskan, acara ini gratis dan terbuka untuk umum. Ia berharap seluruh pemuda dan pemudi se Bengkulu dapat ikut serta terlibat dalam kegiatan ini, meninggalkan kemaksiatan pada malam tahun baru tersebut dengan memakmurkan rumah-rumah ibadah.

“Kemaksiatan mengundang azab, sementaran ketaatan mengundang keberkahan. Pemuda dan pemudi cerdas tentu akan memilih ketaatan ketimbang kemaksiatan. Negeri kita sedang prihatin dengan banyaknya bencana di berbagai daerah. Tidak baik bila kita rayakan tahun baru ini dengan kembang api dan kegiatan tak berfaedah lainnya,” ungkap Ahmad Fitrah.

Sementara Sekretaris Umum Panitia, Rudi Nurdiansyah, menambahkan, sejumlah warga masyarakat telah mengkonfirmasi ikut berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini.

“Ketika wacana ini kami bangun, sejumlah pihak mengkonfirmasi siap untuk ikut serta mensukseskan kegiatan ini dengan beragam sumbangsih. Ada yang siap sumbang jagung, ikan, buah-buahan dan sebagainya. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mendungan rahmat Allah untuk Kota Bengkulu tercinta,” ujar Rudi.

Sebelumnya, di depan seluruh Camat dan Lurah se Kota Bengkulu, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan mengajak masyarakat Kota Bengkulu untuk memakmurkan rumah ibadah ketika malam tahun baru 2019.

“Ajak masyarakat untuk memakmurkan rumah ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing,” kata Helmi Hasan di depan seluruh Camat dan Lurah se Kota Bengkulu.

Hal tersebut juga dimaksudkan untuk mengingatkan agar Camat dan Lurah melaksanakan imbauan pergantian tahun baru masehi yang diterbitkan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Walikota Bengkulu mengatakan bahwa seluruh Camat atau Lurah sudah seharusnya melakukan tugas dan tanggungjawabnya untuk ikut mendukung program-program Pemerintah Kota.

Selain itu, ia juga mengajak Camat mengorganisir lurah-lurahnya bekerja. Lurah pun demikian bagaimana mengkoordinir Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW)-nya bekerja dengan baik. [Sulaeman]