PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Walikota Bengkulu H Helmi Hasan mengajak seluruh warga Bengkulu untuk menghabiskan peringatan malam tahun baru 2019 dengan kegiatan positif, terutama dengan memenuhi rumah-rumah ibadahnya masing-masing.

“Tidak perlu ada perayaan yang berlebihan apalagi yang bisa mengarah kepada pelanggaran hukum dan mengundang kemaksiatan. Sebaliknya, pergantian tahun harus kita rayakan dengan meminta lebih banyak kebaikan dari Tuhan pada tahun mendatang. Caranya dengan memenuhi rumah ibadah kita masing-masing,” kata Helmi kepada jurnalis, Senin (17/12/2018).

Jelang malam tahun baru, Helmi melanjutkan, ia akan mengunjungi rumah-rumah ibadah yang ada di Kota Bengkulu untuk melihat persiapan-persiapan yang dilakukan oleh umat untuk memakmurkan rumah ibadahnya masing-masing.

“Tahun baru adalah momentum kita untuk islah diri. Kesalahan yang sudah kita lakukan harus jadi bahan evaluasi agar ke depan tidak terjadi lagi. Sementara terhadap kebaikan yang sudah kita dapatkan, tahun depan harus kita tingkatkan lagi. Islah diri inilah yang kita lakukan di rumah ibadah kita masing-masing,” ujar Helmi.

Helmi mengimbau kepada seluruh camat dan lurah untuk mempersiapkan segala sesuatu terhadap upaya memakmurkan rumah-rumah ibadah dalam peringatan malam tahu baru ini.

“Saya akan ikut turun bersama masyarakat yang bergerak mengajak mereka yang di luar rumah ibadah untuk masuk ke dalam rumah ibadah. Mudah-mudahan upaya ini menjadi asbab turunnya lebih banyak kebaikan untuk Kota Bengkulu pada tahun 2019 mendatang,” ungkap Helmi.

Ketua Wahana Muda Indonesia (WMI) Indonesia, Dempo Xler, mengatakan, pihaknya akan menggelar peringatan tahun baru dengan mengajak 2019 pemuda untuk bersama-sama itikaf di masjid.

“Akan ada magrib berjamaah, tausiah, isya, makan bersama, nonton bareng hingga tahajud bersama-sama di Masjid Akbar At-Taqwa. InsyaAllah akan ada 2019 pemuda yang akan terlibat dalam kegiatan ini,” tukas Dempo.

Mantan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bengkulu (UNIB) ini mengungkapkan, kegiatan yang mereka lakukan akan melibatkan pengurus Remaja Islam Masjid (Risma) dan Karang Taruna se Provinsi Bengkulu.

“Sejumlah provinsi lain akan ikut serta mensukseskan gerakan memakmurkan rumah ibadah malam tahun baru ini. Di Bengkulu kegiatan ini akan dipusatkan di Masjid Akbar At-Taqwa. Kita sudah sepakat untuk bersinergi dengan Laskar At-Taqwa untuk mensukseskan kegiatan ini,” imbuh Dempo.

Sementara Pimpinan Laskar At-Taqwa, Ustaz Ibnuhajar Asshidiqi Basalamah, menyatakan dukungan terhadap program Pemerintah Kota Bengkulu yang intinya mengajak umat untuk tidak merayakan tahun baru dengan kemaksiatan dan keluar dari tuntunan-tuntunan agama seperti melakukan aktifitas hura-hura.

“Sepikan malam tahun baru dari kembang api, narkoba, mabuk-mabukkan dan aktifitas kemaksiatan lainnya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan akfitas yang menyenangkan dan bermanfaat. Hal itu akan kita adakan di Masjid At-Taqwa. Ribuan pemuda insyaAllah akan terlibat dalam kegiatan ini,” demikian Ustaz Ibnuhajar. [Deni Dwi Cahya]