Yuan Degama (baju putih) saat mendampingi Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi meresmikan salah satu usaha pelaku UMKM di Kota Bengkulu.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Popularitas calon DPRD Provinsi Partai Golkar dari Daerah Pemilihan Kota Bengkulu, Yuan Degama, terus menanjak naik. Hal ini membuat pengusaha sukses yang memulai usahanya dari bawah tersebut semakin termotivasi untuk memajukan Bengkulu, salah satunya dengan membesarkan seluruh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Bumi Rafflesia.

“Saya ingin berkontribusi untuk Bengkulu lebih banyak lagi. Kalau kemarin melalui organisasi sosial, saya ingin berbuat lebih dengan menjadi calon legislatif. Saya yakin lewat DPRD Provinsi Bengkulu bisa membuat aturan-aturan yang berpihak kepada UMKM-UMKM yang ada di Bengkulu agar bisa berkembang pesat,” kata Yuan kepada wartawan, Kamis (6/12/2018).

Pemilik Splash dan The Madelin Hotel ini menjelaskan, memperjuangkan UMKM berarti memperjuangkan ekonomi kerakyatan. Meski tak mengabaikan masalah pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan infrastruktur, namun menurut Yuan, permasalahan usaha kecil dan menengah ini cukup banyak dikeluhkan.

“Karena ada banyak keterbatasan yang dimiliki oleh para pelaku usaha kecil dan menengah yang perlu menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Daerah. Selama ini mereka mengembangkan usahanya secara mandiri. Saya yakin lewat legislatif akan tercipta aturan yang bisa lebih mengayomi rekan-rekan kita pelaku usaha kecil dan menengah ini,” tegas Ucok, sapaan akrab Yuan Degama.

Suami dari Putri Pratiwi, perempuan berdarah Rejang ini memaparkan, aturan yang ia maksud terutama adalah bagaimana Pemerintah Daerah dapat membantu pengembangan UMKM di Bengkulu dengan permodalan, pelatihan dan pemasaran secara lebih masif.

“Terutama terhadap mereka yang baru mengembangkan usahanya. Rekan-rekan kita ini butuh iklim usaha yang kondusif agar usaha mereka bisa meningkat. Yang kecil naik menjadi menengah dan yang menengah naik menjadi skala besar,” ungkap Yuan.

Yuan berharap lewat DPRD Provinsi Bengkulu bisa membuat aturan-aturan yang berpihak kepada UMKM-UMKM yang ada di Bengkulu.

Sosok yang mencintai tantangan itu menambahkan, saat ini beban ekonomi semakin besar dengan naiknya berbagai tarif kebutuhan dasar seperti listrik dan bahan bakar. Naiknya tarif kebutuhan dasar ini, jelas Yuan Degama, seiring dengan daya saing Provinsi Bengkulu yang masih cukup rendah.

“Pak Plt Gubernur sudah mengupayakan geliat UMKM ini dengan mempromosikannya melalui berbagai event besar, termasuk Wonderful Bengkulu 2020 nanti. Tapi beliau juga harus didukung melalui perjuangan aturan di parlemen agar dukungan terhadap pertumbuhan UMKM ini dapat terus berlanjut, bahkan semakin besar lagi,” demikian Yuan. [Eva De]