Ilustrasi

PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Setelah melalui berbagai tahapan tes, peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu.

Sebanyak 46 peserta CPNS dinyatakan lulus. Asisten Bidang Pembinaan (Asbin) Kejati Bengkulu, Tri Ari Mulyanto, Jumat (11/1/2019) mengatakan kelulusan tahap akhir tes CPNS sudah diumumkan. Dari 81 peserta yang lulus sebanyak 46 peserta dengan rincian 34 orang pengawal tahanan dan 12 orang sebagai jaksa.

“Tindaklanjut para peserta ini harus melengkapi berkas seperti keterangan bebas narkoba, Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK), kemudian surat keterangan kesehatan dokter, ini diberikan waktu hingga hari ini tanggal 11,” kata Tri Ari Mulyanto.

Setelah berkas semua lengkap, kata Tri Ari Mulyanto, selanjutnya berkas tersebut tanggal 14 sampai 15 dikirim ke Kejaksaan Agung RI. Setelah itu tugas panitia pusat untuk menyampaikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk proses pembuatan Surat Keputusan (SK).

“Ketika di BKN berkas berkas di periksa keasliannya dan kekurangannya selelah itu di kembalikan ke Kejaksaan untuk Training Administrasi Kejaksaan yang dilaksanakan di Kejaksaan Agung di Ragunan, itu biasanya sampai tiga minggu. Setelah di diklat itu baru dikasih SK penempatan siap kerja sebagai CPNS, setelah satu tahun baru diangkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jadi prosenya masih panjang hanya saja dengan kelulusan tahap akhir, itu sudah lulus tahapan tinggal melengkapi berkas untuk mendapatka Nomor Induk Pegawai (NIP),” urai Tri Ari Mulyanto. [Ardiyanto]