PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Himpunan Rafflesia Universitas Gaja Madah (UGM) mengadakan Faculty Fair yaitu pengenalan kampus dari mahasiswa-mahasiswi UGM yang berasal dari Provinsi Bengkulu kepada beberapa siswa-siswi yang ada di Provinsi Bengkulu.

Acara ini digelar untuk memotivasi calon mahasiswa/i di bangku SLTA atau SMA yang akan meneruskan ke perguruan tinggi tersebut, kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Gedung Serba Guna (GSG) Provinsi Bengkulu.

Faculty Fair dibuka oleh Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Kadis Kesehatan, Herwan Antoni.

“Faculty Fair artinya pengenalan kampus dari mahasiswa himpunan UGM yang bernama Hiragama (Himpunan Mahasiswa Univeristas Gaja Mada) jadi mereka pulang kampung mengadakan kegiatan yang sangat baik sekali, saya mewakili pak Gubernur mengapreasiasi sekali mereka yang kuliah di UGM ini,” ucapnya, Sabtu (19/1/2019).

Agenda tahunan ini sudah berjalan tiga kali semenjak tahun 2017, dengan pengenalan kampus UGM dan fakultas-fakultasnya sehingga nanti memudahkan para calon mahasiswa-mahasiswi mencari informasi seputaran UGM.

“Adik-adik atau anak-anak kita yang masih SLTA atau SMA yang sebentar lagi akan melanjutkan kuliahnya akan mendapatkan seputaran informasi tentang kampus UGM dan fakultas yang ada di UGM, nanti bagaimana cara meraihnya semua akan diajari di acara Faculty Fair ini,” terang Herwan.

Besok, akan dilanjutkan dengan kegiatan try out sekaligus mengasah kemampuan, setidaknya memacu semangat siswa-siswi yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Mekanisme penerimaan ada jalur-jalurnya, nanti jalur itulah yang akan digunakan baik jalur mahasiswa unggul, SBMPTN dan sebagainya. Semua jalur diikutilah sehingga kalau kita dari Bengkulu banyak yang mengikuti, maka peluang yang diterima juga besar. Harapannya anak-anak kita yang punya kemampuan di Bengkulu ini memberanikan diri untuk terus berkompetisi, nanti tinggal merekalah memilih yang mana mereka minati. Semua sudah hampir mencapai tiga ratusan yang sedang berproses di UGM, harapan kita setiap tahun terus meningkatlah diterima di UGM semakin hari semakin banyak,” tambah Herwan.

Hafiz Munawar Asyhari ketua Hiragama menjelaskan, acara ini terdiri dari dua rangkaian yaitu Faculty Fair dan Try Out SBMPTN Nasional, dengan dimotori oleh Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA) UGM yang berhimpun di Hiragama bekerja sama dengan bimbel.

“Omda UGM ini bekerja sama dengan bimbel untuk mengadakan Try Out Nasional, seperti yang diadakan Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan pulau Jawa di daerah mereka, nanti nilainya di cari yang tertinggi, semua itu untuk mengukur kemampuan peserta di tingkat nasional,” ucap Hafiz.

Acara tersebut juga mengundang berbagai Universitas yang berasal di Indonesia seperti UI, ITB, UNDIP, UNPAD UNAN, UNIB dan sebelas Universitas Negeri lainnya, mereka asli Putra-Putri Bengkulu untuk membantu memberikan seputar informasi terutama tentang jurusan dan fakultas di kampus mereka masing-masing.

Hafiz yang berasal dari Bukit Tinggi Bengkulu Tengah ini sedang menempuh semester enam mengambil jurusan Ilmu Pertanian, dia berpesan kepada siswa-siswi SLTA/SMA agar terus meningkatkan kemampuan dan motivasi belajar.

“Tetap belajar, terus membaca buku-buku SBMPTN dan juga sering mengikuti Try Out untuk menguji kemampuan kita, sebatas mana kemampuan kita ini, apabila mendapatkan nilai kecil artinya kita tetap terus belajar dan apabila mendapatkan nilai besar juga tetap terus meningkatkan kemampuan,” tutup Hafiz. [Efri]