Pedomanbengkulu.com, Bengkulu – Dua calon presiden di Pemilu Presiden 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dijadwalkan akan memaparkan visi misinya di depan kader Muhammadiyah pada Tanwir ke-51 Muhammadiyah yang akan diselenggarakan pada 15-17 Februari 2019 mendatang.

Ketua Panitia Tanwir Muhammadiyah ke-51, Dr. H. Ahmad Dasan, SH, MA, melalui sekretaris panitia, Dr Susiyanto M.Si saat dikonfirmasi oleh pedomanbengkulu.com, Selasa (29/1), membenarkan hal tersebut.

“Ya benar, Pak Jokowi dan Pak Prabowo akan hadir, jadwal nya sudah fix. Pak Jokowi dijadwalkan pada hari Sabtu 16 Februari 2019, sedangkan Prabowo dijadwalkan hadir pada Minggu 17 Februari 2019 serta Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga akan hadir di Bengkulu, Jum’at (15/2) pada acara pembukaan Tanwir yang akan di gelar di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu,” ujar Susiyanto.

Lebih lanjut disampaikannya, sejumlah tokoh nasional dan internasional juga dijadwalkan hadir dalam forum yang diikuti oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) se-Indonesia.

“Selain capres, sejumlah tokoh juga akan hadir pada acara tersebut. Sebut saja Dewan Pertimbangan MUI Prof Din Syamsuddin, Prof Syafig A Mughni dan Prof Dato’ Dr Torla Hassan (UIIM). Mereka dijadwalkan hadir dalam seminar internasional bertema Internasionalisasi Wasathiyah Islam,” lanjutnya.

Tak hanya itu, lanjut Susyanto, Dr Dato Seri Anwar Ibrahim. Mantan Perdana Menteri Malaysia, juga diagendakan mengisi publik lecturetentang ‘Islam dan Tantangan Tata Dunia Baru’.

“Ada pula Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Mendikbud Prof Muhadjir Effendy, Dubes RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari dan Ustad Adi Hidayat yang juga dijadwalkan hadir,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Tanwir Muhammadiyah ke 51 ini mengusung tema “Beragama Yang Mencerahkan”. Dalam rangkaiannya akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya seminar internasional dengan tema “Internasionalisasi Wasathiyah Islam” dan seminar nasional, dengan tema “Agama dan Pendidikan yang Mencerahkan”.

Sedangkan, untuk rangkaian acara sebelum sidang Tanwir akan diwarnai dengan Pawai Ta’aruf dan peresmian sejumlah amal usaha Muhammadiyah diantaranya Masjid At Tanwir, peresmian gedung kembar UMB yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan bazar.

Menariknya lagi, untuk tabligh akbar, akan disampaikan oleh ustadz Hajriyanto Y Thohari dan Ustadz Adi Hidayat. [Nurhas]