PedomanBengkulu.com, Bengkulu Selatan – Menyikapi banyaknya laporan berkaitan dengan pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi melakukan inspeksi mendadak (sidak), Kamis (10/1/2019).

Gusnan mendatangi Puskesmas Sukanegeri Kecamatan Air Nipis. Hal ini dilakukan untuk memastikan dan menindaklanjuti laporan, juga melihat secara langsung sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas tersebut.

“Sayang sekali dari apa yang kita temukan kondisi puskesmas kurang bersih. Tumpukan sampah ditempat yang tidak selayaknya beberapa tempat berdebu. Sangat disesalkan sekali,” ujar Gusnan.

Menurutnya, hal ini mencerminkan bagaimana pelayanan kesehatan di puskesmas.

“Ini kan sarana kesehatan jadi harus sehat. Kalian harus bisa menjaga dan merawat agar pelayanan lebih baik,” tegas Gusnan yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, M. Redwan Arif.

Walau pun demikian Gusnan, meminta kepada para perawat, dokter maupun petugas di Puskesmas untuk tetap mengutamakan pelayanan yang prima kepada warga.

Tentunya dengan diberikan sambutan hangat dan mendengarkan apa yang menjadi keluhan warga.

“Bagaimana mereka akan sembuh bila para petugas dan perawatnya menerima pasien dengan muka marah dan tidak ada senyuman. Tentu itu harus menjadi dasar utama dalam memberikan pelayanan,” pesannya.

Dirinya tidak ingin nanti mendengar lagi laporan atau keluhan, adanya perawat atau petugas kesehatan yang tidak melayani maksimal. Laporkan saja bila memang ada yang bersikap demikian.

“Jangan sampai nanti ada laporan lagi. Saya minta apa yang saya temukan hari ini dibenahi. Nanti saya akan kesini lagi dan saya cek,” pungkas Gusnan. [Apdian Utama/Rilis/Pariwara]