Walikota Bengkulu H Helmi Hasan saat menyampaikan tentang rencana Pemerintah Kota Bengkulu pada hari lahirnya ke-300 di Masjid Agung At-Taqwa, Selasa (1/1/2019).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sesuai target, sekira 2019 kaum muda mengikuti kegiatan makmurkan rumah ibadah malam tahun baru dengan muhasabah dan itikaf di Masjid Agung At-Taqwa Kelurahan Anggut Atas, Senin (31/12/2018).

Walikota Bengkulu H Helmi Hasan mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan makmurkan rumah ibadah malam tahun baru tersebut.

“Ini menjadi langkah awal. Nanti pada 17 Maret 2019 atau tepatnya pada puncak Hari Ulang Tahun Kota Bengkulu ke-300, sama-sama kita sukseskan 300 ribu pemuda hijrah dari ahli maksiat kepada ahli akhirat,” kata Helmi usai melaksanakan salat subuh berjamaah di Masjid Akbar At-Taqwa, Selasa (1/1/2019).

Gerakan 300 ribu pemuda hijrah ini, lanjut Helmi, bertujuan untuk mengajak seluruh umat Islam agar laki-laki dewasa melaksanakan salat berjamaah tepat waktu di masjid, perempuan dewasa dapat menutup auratnya, anak-anak menjadi penghafal dan pengamal Al-Qur’an.

“Yang kita sebut pemuda di sini adalah mereka yang berusia 100 tahun ke bawah. Yang 100 tahun ke atas kita berikan doa. Nanti akan ada Musyawarah Nasional pertama Gemasajid (Gerakan Memakmurkan Satu Juta Masjid) yang berpusat di Kota Bengkulu,” ungkap Helmi.

Walikota ikut larut makan bersama ratusan pemuda yang ikut itikaf di Masjid Agung At-Taqwa sejak malam tahun baru.

Senada diungkapkan Ketua Wahana Muda Indonesia (WMI) Bengkulu, Dempo Xler. Ia mengatakan, kegiatan makmurkan rumah ibadah malam tahun baru dengan muhasabah dan itikaf di Masjid Agung At-Taqwa Kelurahan Anggut Atas adalah pemanasan untuk menyongsong gerakan 300 ribu pemuda hijrah dari jalanan menjadi ahli masjid.

“Kami berharap seluruh warga Bengkulu bisa ikut ambil bagian dalam gerakan ini karena hari ini kita menyaksikan sudah begitu banyak pengaruh luar yang merusak generasi muda kita,” kata Dempo.

Ketua Wahana Muda Indonesia Bengkulu, Dempo Xler, saat memberikan masukan tentang rencana gerakan pemuda hijrah.

Pimpinan Laskar At-Taqwa, Ahmad Fitrah, menyatakan bahwa para pemuda hijrah di Masjid Agung At-Taqwa akan senantiasa memberikan dukungan terhadap semua upaya yang ingin memakmurkan masjid dan mengajak warga masyarakat untuk taat mengamalkan agama secara sempurna.

“Setiap Sabtu malam secara rutin Laskar At-Taqwa mengadakan tausiah, makan bersama dan dilanjutkan dengan itikaf hingga Minggu pagi ditutup dengan sarapan berjamaah. Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum,” demikian Fitrah. [Deni Dwi Cahya]