Peningkatan kualitas SDM dosen dan Akreditasi menjadi fokus Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) di tahun 2019.

“Selain fokus pada kegiatan Tanwir Muhammadiyah yang akan dilaksanakan pada 15 – 17 Februari mendatang, UMB juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kemampuan para dosen dan akreditasi di tahun 2019 ini,” ungkap Rektor UMB, Dr. Sakroni M.pd, Jum’at (25/1).

Menurutnya, hal tersebut menjadi penting guna meningkat mutu pendidikan.

“Kualitas dan kuantitas para dosen dan akreditasi merupakan gengsi dari sebuah universitas, maka dari itu UMB akan terus mengadakan tutor secara berkala guna meningkatkan hasil penelitian dan jurnal ilmiah para dosen, dengan harapan jika banyak penelitian dan jurnal ilmiah dosen yang terpublish di kelas international mampu mendorong peningkatan akreditasi UMB,” ujar Sakroni.

Dijelaskannya, terkait fokus peningkatan akreditasi, pihaknya akan membentuk tim khusus pengelola akreditasi.

“Saat ini secara psikologis UMB sudah siap untuk mengemban amanah akreditasi A,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, saat disinggung mengenai Tanwir, Rektor UMB yang juga terlibat sebagai panitia, menyebutkan bahwa 2 calon presiden Indonesia, Joko Widodo dan Prabowo Subianto akan hadir pada acara tersebut.

“Pak Prabowo akan hadir pada hari pertama perhelatan Tanwir, Jum’at (15/1) sedangkan pak Jokowi akan hadir pada hari Sabtu, untuk acara pembukaan akan dilakukan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla,” kata Sakroni.

Kemudian, lanjutnya, ada Dewan Pertimbangan MUI Prof Din Syamsuddin, Prof Syafig A Mughni dan Prof Dato’ Dr Torla Hassan (UIIM). Mereka dijadwalkan hadir dalam seminar internasional bertema “Internasionalisasi Wasathiyah Islam”.

Tak hanya itu, kata dia, Dr Dato Seri Anwar Ibrahim. Mantan Perdana Menteri Malaysia, yang diagendakan mengisi publik lecture tentang “Islam dan Tantangan Tata Dunia Baru”.

“Ada pula Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Mendikbud Prof Muhadjir Effendy, Dubes RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari dan Ustad Adi Hidayat yang juga dijadwalkan hadir,” tandasnya. [Nurhas]