Pedomanbengkulu.com, Seluma – Sebanyak 10 puskesmas di Kabupaten Seluma raih penghargaan dalam mencapai kapasitas yang berbasis pemenuhuan komitmen pelayanan kepada masyarakat selama tahun 2018 kemarin, pemberian penghargaan tersebut pada hari Selasa pagi (12/2/2019) pukul 09.00 wib.

Disamping itu, dalam penyerahan tersebut, BPJS Kesehatan menggandeng Dinkes Kabupaten Seluma memberikan penghargaan untuk memotivasi serta memberikan semangat kepada petugas kesehatan di Puskesmas dalam mencapai angka kontak pelayanan kepada masyarakat wilayah kerjanya masing-masing.

“Kedatangan kami ke puskesmas selain memberikan penghargaan, juga sekaligus memonitoring kinerja, terkhusus pelayan primer bagi bagi seluruh puskesmas,” jelas Rico Hanggara saat ditemui pada Selasa siang (12/2/2019) pukul 13.00 wib.

Dijelaskan pula, untuk sementara waktu ini, baru ada 10 puskesmas yang mendapat penghargaan, besar kemungkinan pada 2019 dapat meningkatkan prestasi mereka.

“Sebelumnya kami evaluasi dulu semua puskesmas yang ada di Kabupaten Seluma, namun kita filterisasi dan hasilnya kita putuskan sebanyak 10 puskesmas yang kita berikan penghargaan itu,” tambah Rico.

Adapun 10 puskesmas yang mendapatkan penghargaan tersebut, yakni Puskesmas Seluma Timur, Kecamatan Seluma Timur. Puskesmas Cahaya Negeri, Kecamatan Sukaraja. Puskesmas Tumbuan, Kecamatan Air Periukan. Puskesmas Air Periukan, Kecamatan Air Periukan. Puskesmas Tais, Kecamatan Seluma. Puskesmas Dusun Tengah, Kecamatan Lubuk Sandi. Puskesmas Masmambang Kecamatan Talo. Puskesmas Kembang Mumpo, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM).Puskesmas Ulu Talo, Kecamatan Ulu Talo, serta Puskesmas Gunung Kembang kecamatan Semidang Alas Maras.

Disamping itu pula, Selaku Kadis Dinkes Kabupaten Seluma Rudy Syawaluddin S.Sos melalui Kasi Rezi Ade Putri S.ST Kasi Jaminan Kesehatan Dinkes Seluma dikonfirmasi pada Selasa Siang (12/2/2019) pukul 14.00 wib mengatakan, selaku Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma terutama Seksi Jaminan Kesehatan memberikan apresiasi kepada 10 Puskesmas yang sudah mengupayakan zona Aman untuk 3 Indikator KBK.

“Dengan adanya penghargaan atau apresiasi tersebut, dapat membuat semangat baru dalam melayani masyarakat, terutama dalam program JKN-KIS,” kata Rezi.

Dilanjutkan pula, untuk puskesmas yang belum mendapatkan penghargaan tersebut terus meningkatkan upaya pelayanan kesehatan, agar nama puskesmas tersebut dapat menjadi baik.

“Semua puskesmas pelayanannya itu baik, tidak ada yang tidak baik, hanya pelaporan dan upaya peningkatan harus lebih ditingkatkan lagi, tentu saja semua itu tidak lepas dari kerjasama tim yang ada di FKPT, agar tahun 2019 lebih meningkat lagi.” ujar Rezi. [Wahyu70]