IST/Susilo Bambang Yudhoyono mendampingi Ani yang terbaring sakit

PedomanBengkulu.com, Jakarta – Ani Yudhoyono diketahui dirawat secara intensif di National University Hospital, Singapura sejak 2 Februari 2019. Itu berarti sudah lebih dari 10 hari istri Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menjalani pengobatan kanker darah yang diidapnya.

Beberapa saat setelah SBY mengumumkan perihal masalah kesehatan istrinya, beredar foto-foto yang memperlihatkan Ani Yudhoyono sedang terbaring di atas ranjang rumah sakit.

Dan baru-baru ini juga, sebuah foto yang memperlihatkan SBY tengah mengusap wajah pucat sang istri beredar di dunia maya. Adalah salah seorang petinggi Partai Demokrat, Andi Arief yang membagikannya.

“Semua orang akan mendapatkan ujian. Tapi kesetiaan akan dikenang selalu,” tulis Andi Arief di Twitter seperti dikutip Health Liputan6.com dari akun @AndiArief_ pada Rabu, 13 Februari 2019.

SBY yang mengenakan batik cokelat terlihat sedih saat menatap wajah Ani Yudhoyono. Sang putra sulung, Agus Harimurti Yudhoyono turut mendampingi.

“Alloh akan menyembuhkan,” tulis Andi pada akun Twitternya, 11 Februari 2019.

SBY pun akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait sakit yang diderita Ani Yudhoyono. Ketua Umum Partai Demokrat itu menyatakan istrinya mengalami kanker darah.

“Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah,” kata SBY dilansir Liputan6, Rabu (13/2/2019).

SBY menyatakan, Ani dirawat Rumah Sakit National University Singapura sejak 2 Februari 2019. Ani menjalani medical treatment atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia.

“Saya juga menyampaikan terima kasih atas ucapan dan doa kesembuhan kepada Ibu Ani, yang disampaikan oleh para sahabat di tanah air yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Termasuk yang melalui media sosial,” kata SBY.

Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, akan melewatkan sejumlah kegiatan termasuk rangkaian kampanye pilpres yang telah diagendakan demi menjaga sang istri.

“Saya dan Ibu Ani meminta maaf karena tidak dapat menghadiri sejumlah kegiatan yang direncanakan berbagai pihak yang sebelumnya saya niatkan untuk saya penuhi. Sebagai seorang suami, tentu saya harus mendampingi Ibu Ani dalam menghadapi ujian dan cobaan Tuhan ini,” kata SBY.

SBY memohon doa agar Istri tercinta dapat diberi kesembuhan.

“Atas nama Ibu Ani dan keluarga besar SBY, saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dengan takdir dan kuasanya, memberikan kesembuhan kepada istri tercinta Ibu Ani, atau Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo, agar Ibu Ani dapat kembali menjalankan kegiatan sehari-harinya di tanah air,” jelasnya. [Ivana]