Dalam rangka menyemarakkan Tanwir Muhammadiyah ke-51 di Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) akan menggelar Seminar Internasional ‘Strategi Membumikan Islam Berkemajuan’, Kamis (14/2) di Hotel Santika Bengkulu.

Wakil Rektor 1 UMB, Drs. Rifa’i M.Pd kepada pedomanbengkulu.com menjelaskan, Seminar Internasional tersebut akan menghadirkan Prof Dato’ Dr Torla Bin Hassan DSAP PSK dan Prof. Dr Mohamad Fauzan Noordin dari Internasional Islamic University Malaysia serta Prof. Dr. Habib Chirzin MA dari PP Internasional Institute Islamic Though Washington DC.

“Selain itu ada juga Prof. Dr. Syafiq A Mughni MA, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Ketua Dewan MUI Pusat, Prof. Dr. KH M. Sirajuddin Syamsuddin MA,” jelasnya beberapa waktu lalu saat ditemui oleh pedomanbengkulu.com di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Wakil Rektor 1 UMB ini mengatakan, seminar internasional tersebut akan dibagi kedalam dua sesi pemaparan, yakni penyampaian materi dari narasumber dan pemaparan makalah para Mahasiswa doktor dan calon doktor dari Perguruan Tinggi yang ada di dalam dan luar Provinsi

“Seminar ini akan dibagi kedalam dua sesi pemaparan dan bertujuan untuk mengetahui dari kacamata orang luar strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk membumikan Islam berkemajuan tersebut melalui berbagai aspek, seperti aspek sosial, budaya, pendidikan, teknologi dan lainnya,” tutupnya.

Untuk diketahui, Islam berkemajuan adalah khilafah islah, yakni gerakan yang melahirkan kemaslahatan dan mengedepankan praksisme keagamaan dari pada populisme keagamaan dengan memperbanyak amal yang berkualitas.[Nurhas]