PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sukses dalam mengembangkan bisnis mendorong Caleg DPRD Provinsi Partai Golkar dari Daerah Pemilihan Kota Bengkulu nomor urut 4 (empat) Yuan Degama bertekad mengaplikasikan wawasannya dalam membangun Provinsi Bengkulu melalui kursi legislatif.

Dengan kewenangan menentukan anggaran pembangunan, mengawasi kinerja pemerintahan dan merancang Peraturan Daerah (Perda), Yuan Degama optimis dapat memberikan sumbangsih membangun Bengkulu yang tentram, agamis dan berbudaya.

Hal ini terungkap dalam sebuah wawancara yang dilakukan terhadap Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Thawalib Padang Panjang Provinsi Bengkulu tersebut, Kamis (21/2/2019).

“DPRD punya kewenangan bikin Perda untuk menunjang terciptanya suasana kekeluargaan, harmonis, aman, agamis, tentram dan berbudaya. Ini kewenangan penting yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk mewujudkan Bengkulu maju,” kata Yuan Degama.

Ia menjelaskan, Perda itu kelak bisa jadi landasan kebijakan anggaran untuk memberikan bantuan pendidikan keagamaan, bahasa, dan fasilitas ibadah untuk warga masyarakat se Provinsi Bengkulu.

“Nanti kita dukung pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota dapat anggaran untuk menunjang kegiatan-kegiatan positif seperti keagamaan. Jadi suasana agama hidup dan semarak di kampung-kampung atau desa-desa, bukan hanya ketika bulan Ramadan,” ujar Yuan Degama.

Dengan hidupnya aktifitas keagamaan di kampung-kampung atau desa-desa, Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Provinsi Bengkulu ini melanjutkan, program pendidikan agama kepada usia dini bisa dipergiat.

“Jadi anak Bengkulu sedari kecil sudah bisa baca Al-Qur’an. Anggaran yang ada juga bisa digunakan pemerintah daerah untuk menambah tunjangan untuk imam masjid, bilal, gharim, ustadz atau ustadzah, guru ngaji, rubiyat, pendeta atau rohib, dan lain-lain,” papar Yuan Degama.

Bila diberikan amanah, Bendahara Partai Golkar Bengkulu ini menambahkan, ia juga akan melobi legislator lainnya dan pemerintah daerah untuk mendukung program pengembangan Bengkulu berbudaya.

“Semua sarana budaya lokal dan kesenian daerah kita dukung dengan menyediakan taman seni, galeri, pertunjukan seni daerah dan semua yang dapat mengangkat identitas Bengkulu ke kancah nasional, bahkan internasional,” demikian Yuan Degama. [Medi Muamar]