Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Grage Hotel Horizon, Rabu (13/3/2019).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) di Grage Hotel Horizon, Rabu (13/3/2019).

Acara ini menghadirkan Herwan Antoni selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Susilawaty selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Anung Sugihantono selaku Dirjen P2P Kemenkes RI, dan Pattiselano Robberth Johan selaku narasumber dari kalangan ahli.

Baca juga : Peduli Kesehatan Sekolah, Dinkes Gelar Orientasi Pelayanan Kesehatan dan Kader Kesehatan 211 Rejang Lebong Siap Sukseskan Program JKN-KIS serta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Sepakat Sinergikan Program Jaminan Sosial di Bumi Rafflesia

Direktur Jendral P2P Kemenkes RI Anung Sugihantono menjelaskan banyak hal tentang pencegahan dan pengendalian penyakit khususnya penyakit tidak menular, bagaimana contoh dan pencegahannya.

“Salah satu hal yang harus dipecahkan di Bengkulu yaitu tingginya penyakit tidak menular,” jelas Anung Sugihantono.

Lihat juga : Sosialisasikan Aturan Baru, BPJS Kesehatan Sambangi Kantor Kelurahan dan Kader Kesehatan 211 Rejang Lebong Siap Sukseskan Program JKN-KIS serta BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Sosialisasikan Perpres Nomor 82 Tahun 2018 Kepada PPNPN di Bengkulu

Ia memberikan trik jitu bagaimana cara melakukan pencegahan tersebut.

“Pencegahan penyakit bisa dikakukan dengan mengubah perilaku individu, perilaku keluarga, dan perilaku institusi,” tambah Anung.

Adapun dari jenis penyakit tidak menular yang dibahas dalam Rakerkesda ini meliputi hipertensi, gagal ginjal, diabetes melitus, stroke, talasemia, leukimia dan kanker.

“Harapan saya Bengkulu bisa jadi motor penggerak di wilayah Sumatera ini karena Bengkulu bisa menjadi barometer. Daerahnya tertutup memang dari jalur perlintasan. Tetapi kalau Bengkulu bisa baik saya percaya daerah lain di Sumatera ini bisa lebih baik juga,” tutup Anung.

Simak juga : BPJS Kesehatan Jelaskan Aturan Main Urun Biaya dan Selisih Biaya JKN-KIS dan BPJS Kesehatan dan Menkes Perpanjang Kerjasama dengan RS yang Belum Terakreditasi serta BPJS Kesehatan KC Bengkulu Gelar Konferensi Pers Implementasi Perpres Nomor 82 Tahun 2018

Rapat ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan foto bersama. [Tri Purnama Sari]