Pedomanbengkulu.com, Bengkulu — Pasca Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bengkulu menjatuhkan vonis onslag kepada dua terdakwa perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) korupsi lahan MAN 2 Bengkulu, Muhamad Abduh dan Vera Susanti, pada sidang putusan di Pengadilan Negeri Bengkulu yang dipimpin Hakim Ketua, Slamet Suripto, SH, MH didampingi hakim anggota, Agus Salim, SH, MH dan Henny Anggraini, SH, MH, Rabu (6/3/2019).

Putusan onslag adalah segala tuntutan hukum atas perbuatan yang dilakukan terdakwa dalam surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum, akan tetapi terdakwa tidak dapat dijatuhi pidana, karena perbuatan tersebut bukan merupakan tindak pidana.

Terkait ini, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Emilwan Ridwan, Jumat (8/3/2019) mengatakan pihaknya menghargai keputusan majelis hakim walaupun berdasarkan fakta pertimbangan yang pihaknya lakukan bahwa perbuatan tersebut terbukti melakukan TTPU. Maka pihaknya akan melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung.

“Kita menghargai putusan pengadilan walaupun berdasarkan fakta dan pertimbangan yang kami lakukan bahwasanya perbuatan tersebut terbukti melakukan TPPU. Kita akan segeta lakukan tindakan hukum, upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung,” jelas Emilwan.

Pengajuan kasasi tersebut dengan pertimbangan yang mana terdakwa mengakui kesalahannya sehingga membayar seluruh kerugian yang di tanggung oleh terdakwa, tetapi fakta berbicara lain.

“Sekali lagi kami menghormati putusan pengadilan. Dalam kasasi kita berpendapa bahwa ada perbuatan pidana, ada perbuatan melawan hukum, ada perbuatan tindak pidana korupsi dan ada kerugian negara yang ditimbulkan. Sehingga atas dasar itu kita bahwa perbuatan itu memenuhi unsur pidana korupsi itu sendiri. Kami berpendapat seperti itu, tetapi semua kita kembalikan ke pihak pengadilan ntuk memutuskan. Tetapi kita punya instrumen atau media untuk melakukan upaya hukum,” katanya.

Ditambahkan, Emilwan setelah menerima petikan putusan, dalam waktu 14 hari pihaknya akan menyatakan sikap mengajukan kasasi. [Ardiyanto]