PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Pelipatan Surat Suara di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah hari ini memasuki hari ke empat. Dalam pelipatan yang dilaksanakan di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat tersebut banyak ditemui surat suara yang rusak atau cacat.

Saat ini surat suara yang sudah terlipat yakni Surat Suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden sebanyak 42 dus dengan total 83.766 surat suara dan yang mengalami kerusakan sejumlah 70 buah surat suara.

Haidir, Komisioner KPU Kabupaten Bengkulu Tengah mengatakan saat ini jumlah surat suara yang rusak sudah mencapai 230 surat suara.

“Bentuk kerusakannya, berbagai macam, ada yang terlipat, bercak-bercak, sobek dan buram. Dalam¬†satu dus, jumlah surat suaranya sebanyak 500 lembar. Jumlah keseluruhan surat suara sebanyak 168 dus dan sampai hari empat ini sudah 120 dus yang sudah kita lipat ,” ungkap Haidir, Senin ( 18/03/2019).

Lanjut Haidir, surat suara yang dikategorikan kondisinya baik sebanyak 59,773 surat suara. Sedangkan dalam pelaksanaan pelipatan logistik surat suara ini juga di awasi lima orang pengawas dan satu kordinator.

“Kita ditarget sepuluh hari selesai, atau paling lama tujuh belas hari selesai pelipatan,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menerangkan bahwa dalam pelaksanaan pelipatan surat suara tersebut upah yang diberikan kepada petugas juga bervariasi tergantung dari jenis surat suara.

“Kepada¬†petugas pelipat surat suara Presiden dihargai 75 rupiah per lembar dan surat suara DPR RI 110 rupiah per lembar serta surat suara DPD 90 rupiah per lembar sura,” tutup Haidir. [Fey]