Pedomanbengkulu.com, Bengkulu – Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Bengkulu tentang Air Bersih yang menjadi permasalahan di pemerintah kota Bengkulu. Wali Kota Bengkulu, Helmi hasan melakukan kerjasama dengan negara Iran dalam penganan Air Bersih berteknologi Nano.

Dalam kunjungan wali kota Bengkulu ke Negara Iran, Helmi hasan ditemani oleh Kepala Bapenda Kota Bengkulu Hadianto, Direktur PDAM Tirta Dharma Sjobirin Hasan, dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu Arif Gunadi untuk memaparkan atau mempersentasi langsung mengenai penanganan Air Bersih yang ada di Kota Bengkulu.

Wali kota Bengkulu helmi Hasan melalui Sekda Kota Bengkulu Marjon mengatakan bahwa kunjungan pak wali kali ini mendapat undangan dari negara Iran yang dalam hal ini ingin bekerjasama membantu pemerintah Kota Bengkulu dalam pengangan krisis Air Bersih.

“Pak wali mendapat Undangan dari Negara Iran dan disana melakukan persentasi kepada pemerintah Iran, karena direncanakan pemerintah Iran ingin membantu pemerintah Kota Bengkuly dalam penanganan Krisis Air Bersih,” Kata Marjon selaku Sekda Kota Bengkulu kepada Pedoman Bengkulu di Hotel Raflesia Pantai Panjang.

Dari pantauan Pedoman Bengkulu dalam kunjungan kerjasamanya ke Iran, Helmi hasan mengunjungi pusat perniagaan produk impor pangan Iran dan berdiskusi dengan Walikota Bandar Abbas.

Selain itu, Helmi juga mengunjungi langsung beberapa pabrik minyak sawit (crude palm oil) di negera timur tengah tersebut diantaranya palm oil reservoir (waduk minyak sawit) di Pelabuhan Bandar Abbas dan palm oil factory (pabrik minyak sawit) yang ada di Kota Sirjan.

Diketahui Pabrik ini merupakan salah satu pabrik terbesar yang memproduksi minyak nabati di Iran dan Timur Tengah.

Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan tertarik mempelajari tentang produksi Minyak kelapa sawit di Negara Iran, karena pihaknya menilai belum adanya pemanfaatan minyak kelapa sawit secara maksimal yang mana di Provinsi Bengkulu kaya akan bahan baku minyak kelapa sawit.

Pihaknya juga berharap kedepan pemerinta Iran dapat berinventasi ke Provinsi Bengkulu untuk membangun dan mengembangkan produksi minyak kelapa sawit.

“Saya sangat berharap pelaku bisnis dari Iran bisa membangun pabrik CPO di Bengkulu. Apalagi, mereka memang sangat berpengalaman dalam pengolahan minyak sawit ini,” ujar Helmi.

Sebelum kepulangannya ke Provinsi Bengkulu, Helmi Hasan berterimakasih kepada Kedutaan Besar RI untuk Iran yang telah memfasilitasi kunjungan tersebut dan tak lupa berpesan kepada para pelaku bisnis di Iran untuk datang berkunjung dan berinvestasi di provinsi Bengkulu. [Asep]