PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi pertanian di Provinsi Bengkulu, Muspani, salah satu calon anggota legislatif DPR-RI dari PDIP Muspani giat memberikan edukasi kepada kalangan petani untuk sosialisasi terkait aturan pengelolaan pertanian dan perhutanan sosial.

Muspani telah beberapa kali melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu, diantaranya adalah Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Seluma, Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, Muko Muko dan kaur.

“Pertemuan dengan kalangan petani ini untuk membahas perhutanan sosial dari segi aturannya, sehingga  petani kita dalam melakukan kegiatannya tidak merasa selalu dikontrol oleh penegak hukum, dan ini karena ketidaktahuan kalangan petani secara aturan hukumnya,” jelas Muspani, Selasa lalu (19/3/2019).

Menurutnya, perhutanan sosial sangatlah penting  bagi masyarakat, karena kalangan pemerintah juga punya data lahan kawasan mana saja yang bisa ataupun yang tidak bisa digarap oleh kalangan petani,” jelas Muspani yang juga ketua Stab provinsi Bengkulu.

Hasil pertanian provinsi Bengkulu yang sangat lah bagus, dan harus ada perhatian serius dari kalangan pemerintah, salah satunya dengan memberikan pelatihan tentang pengolahan lahan dan hasil pertanian mutunya jauh lebih bagus dan bisa diterima semua kalangan, baik untuk di ekspor ataupun konsumsi dalam negeri.

“Kami juga menyambut baik kegiatan kunjungan yang di lakukan bapak Muspani, dalam kunjungan ini kami jadi paham dan mengerti aturan yang ada tentang perhutanan sosial sehingga kami tidak berbenturan dengan aparat hukum dan institusi lainnya,’ ujar Pendrik, perwakilan kalangan petani dari Mukomuko.

“Dengan tingginya respon positif dari pertemuan yang dihadiri semua kalangan petani ini, kita berharap nantinya apa yang sudah kita rintis bisa cepat terlaksana,” tutup Muspani. [Fey]